Membangun Kemandirian Petani dan Peternak Indonesia


Sistem pemupukan infus pada Jaboticaba (Sumber : Kabelan Kunia)

Hari Senin (03/05/2010)  kemarin penulis sempat diwawancara oleh wartawan Majalah TRUBUS. Sang wartawan datang langsung ke kantor jam 10.00 WIB. Sebelumnya beliau mendapatkan informasi bahwa penulis pernah melakukan ujicoba pemupukan dengan sistem infus pada tanaman JABOTICABA di Cikole – Lembang, Jawa Barat.

Menurut TRUBUS, fokus yang menarik adalah tentang metode infus pada sistem pemupukan tanaman perkebunan ini di samping keunikan tanaman JABOTICABA yang eksotik juga sangat menarik untuk diliput. Menurut TRUBUS, profil dan budidaya tanaman JABOTICABA pernah diliput oleh TRUBUS beberapa waktu yang lalu, dengan judul topik  Di Sini Ada Kebun Anggur Brazil (Senin, 05 Januari 2009).

Mengenai sistem pemupukan infus di tanaman JABOTICABA milik Bapak Thedy Widjaja di Cikole, berawal ketika penulis datang pertama kali ke kebun tersebut beberapa tahun yang lalu karena sang pemilik meminta bantuan penulis untuk mensupport supaya produksi buah JABOTICABAnya meningkat. Ketika penulis ke sana, mendapati kantung-kantung plastik berisi air yang tergeletak di bawah pohon JABOTICABA. Penulis tanyakan ke Pak Thedy, menurut keterangan beliau kantung itu diperuntukan untuk mempermudah penyiraman tanaman. Menurutnya karena lokasi kebun yang berbukit, sangat menyulitkan melakukan penyiraman secara rutin terutama pada musim kemarau. Oleh karenanya beliau mengisi kantung-kantung plastik 5 kiloan dengan air yang di bawahnya dilubangi dengan jarum supaya air menetes perlahan ke permukaan tanah, sehingga tanah setiap waktu dalam kondisi basah/ lembab. Setelah air semua habis, kantung air diganti dengan kantung berisi air yang baru.

Untuk meningkatkan kualitas pemupukan, pada awalnya penulis menyarankan untuk memberikan kompos pada tanaman dengan cara menggali lubang mengelilingi pohon dengan kedalaman 30 cm dan lebar 20 cm. Setelah lubang terbentuk, kemudian diisi dengan kompos hingga rata permukaan tanah.

Melihat kantung-kantung berisi air tersebut, penulis menyarankan beliau untuk menambahkan pupuk hayati yang kami produksi di laboratorium ke dalam kantung-kantung tersebut. Jadi, kantung sekarang tidak sekedar berfungsi menyirami tanaman, tapi sekaligus sebagai pemupukan yang efektif  dan efisien. Pada tahap berikutnya, barulah ada pergantian dari bentuk infus berupa kantung plastik, menjadi bentuk yang lebih permanen, yaitu berupa jirigen plastik dan diberi selang infus yang menjuntai langsung ke permukaan tanah yang diberi kompos di bawahnya.

Perlakuan ini secara nyata berhasil meningkatkan produksi bunga dan buah JABOTICABA di kebun. Buah relatif lebih besar dan manis. Hingga pada akhirnya pemilik kebun, Pak Thedy berhasil menjual hasil panen ke beberapa Supermarket dan Toko Buah dengan harga Rp 100.000,-/ Kg.  Menurutnya, saat ini Jaboticaba berbuah lebat pada bulan Juni dan Nopember setiap tahunnya.

Merujuk dari keberhasilan metode infus ini pada tanaman JABOTICABA, penulis berani berkesimpulan bahwa metode ini dapat diterapkan pada tanaman perkebunan lain, seperti tanaman Kopi, Kakao, Durian bahkan Kelapa Sawit untuk lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas buah.

Semoga produksi tanaman perkebunan kita makin meningkat dan Indonesia makin jaya dengan berbagai produk perkebunan yang terbukti unggul yang pada akhirnya petani kita makin sejahtera, amin….

About these ads

Comments on: "INFUS: Metode Pemupukan Efektif & Efisien" (7)

  1. pupuk organik says : wah ini nih..info yang mantap, bisa dijelaskan secara detail caranya ? makasih.

  2. pupuk yang dipakai untuk infus apakah evagrow,apakah pupuk tersebut bisa menyembuhkan tanaman yang terlanjur sakit?

    • Betul bu, kami menggunakan pupuk hayati EvaGROW utk ujicoba pemupukan sistem infus. EvaGROW bisa digunakan untuk mencegah terjadinya serangan hama dan penyakit tanaman Bu.

  3. untuk tanaman melon, gimana cara pemasangan infus?

    • Kabelan Kunia said:

      Untuk tanaman Melon, kalo mau mengadopsi sistem infus, bisa dilakukan dengan meletakkan tabung/kantung berisi pupuk di atas tanah dengan memberikan dudukan berupa batu bata atau kayu yang dipancang supaya posisinya sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah/lahan, sehingga memungkinkan cairan pupuk dapat mengalir perlahan ke pemukaan tanah dekat pokok tanaman Melon. Selamat mencoba….Sukses….

  4. Kalo buat kakao bemana caranya? Bisa ga infus lgsg k batang? Karena lahan sudah rusak tanahnya kering bgt….

    • Sebaiknya pemupukan ke tanah pa. Kalao tanah sudah kering, sebaiknya diberikan kompos yang baik di piringan mengelilingi batang kakau. Info lebih lanjut bisa kontak kami di 081322060711

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: