Gara-gara Pohon Mangga


Gara-gara batang mangga ini, seorang teman ‘getol’ dan ‘terjun’ full (I love U full : Mbah Surip) ke pupuk organik yang aku produksi dari tahun 2003 lalu.

Begini ceritanya. Waktu dia memasarkan produk pupuk organik yg aku produksi, beliau sempat ketemu petani di Pengalengan. Petani ini akan membuat kolam ikan di perkarangan samping rumahnya. Waktu mau menggali, di sana ada pohon mangga yang sudah cukup gede. Karena menghalangi galian, batang mangga dipindahkan lokasinya. Setelah tanah dan akar digali,  tanaman mangga dipindahkan ke tempat yang tidak kena’proyek’ galian kolam.

Setelah dipindahkan, daun mangga pelan tapi pasti mulai kering dan rontok habis. Batangnya pun mulai meranggas, kering dan patah. Diduga batang mangga ini akan tamat riwayatnya alias mati!!!

Teman saya dg jurus marketing yg menggiurkan, menawarkan pupuk organik kami utk dicobakan ke tanah dekat pokok pohon  selama 2 minggu terus menerus di saat pohon mangga sedang sekarat.

Suatu keajaiban atau kebetulan atau apalah, yang jelas setelah disemprotkan dg pupuk kami, pohon mangga mulai bertunas kecil-kecil. Daun-daun mulai menampakkan hijaunya. Sesuatu yang sudah dianggap mati, kemudian ‘hidup’ kembali (seperti terlihat di photo).  Surprise tentunya teman saya.

Nah, dari peristiwa ini, teman saya sangat getol dan semangat untuk memasarkan produk kami hingga saat ini. Setahun kemudian teman saya datang lagi ke sana. Pohon mangga yang tadinya bakal mati, kini mulai berbuah. Teman saya bangga dan puas sekali….. Kisah ini selalu dia ceritakan ke semua orang….. Ah, gara-gara batang mangga……

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on August 1, 2009, in F A Q, Organik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

