Cara Baru Duplikasi Anggur Brasil


Artikel ini telah dimuat di Majalah TRUBUS Edisi Juni 2010

Buah Jaboticaba

Jaboticaba hanya bisa diperbanyak dari biji. Begitu anggapan banyak orang. Nyatanya Plinia cauliflora bisa diperbanyak dengan setek dan cangkok. Tingkat keberhasilan mencapai 70 – 80%.

Keberhasilan itu dicapai dengan setek dan cangkok teknik khusus. Ulih Sunardi di Ciapus, Bogor, Jawa Barat, dan Ahmad Kosasih di Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, menggunakan setek asal ranting. Ulih menggunting ranting jaboticaba yang berasal dari cabang buah masing-masing sepanjang 10 cm. Potongan ranting lalu ditanam dalam media miskin hara, seperti tanah dari kedalaman 1 m – subsoil – atau sekam bakar. Setek lalu disimpan dalam mistroom. Selang 2 – 3 bulan potongan ranting berakar dan bisa dipindahkan ke pot tunggal. Tingkat keberhasilan 50 – 70%.

Kosasih tidak menggunting, melainkan membelah ranting. ‘Dengan begini sebagian kulit ranting ikut terbawa sehingga tempat tumbuh akar semakin luas,’ kata Kosasih. Potongan ranting lalu ditanam dalam media pasir sungai dan disungkup plastik. ‘Dengan menyertakan kulit ranting tingkat keberhasilannya mencapai 60 – 80%,’ tambah staf  Kebun Raya Cibodas itu.

Dari Jerman

Sementara Muhammad Ichsan di Cibodas mempergunakan setek akar. Akar jaboticaba dipotong masing-masing sepanjang 5 – 10 cm. Potongan akar itu lalu ditanam dalam media berupa humus bambu murni. Idenya memanfaatkan tunas yang tumbuh di akar jaboticaba. Tingkat keberhasilan setek akar jaboticaba mencapai 70%. Sayang, jumlahnya terbatas.

Cara lain, cangkok dengan memotong setengah diameter cabang jaboticaba. Cabang kemudian ditarik sepanjang 10 cm ke arah batang, tapi jangan sampai lepas, kemudian diganjal dengan kayu dan dibungkus lumut dan plastik. Selang 6 – 8 bulan akar muncul di bagian luka.

Tingkat keberhasilan teknik yang didapat Kosasih dari seorang penyuluh asal Jerman itu mencapai 80%. ‘Tanaman asal cangkok lebih cepat berbuah – 2 tahun pascacangkok,’ kata Kosasih. Syaratnya tanaman induk pernah berbuah. Berikut 4 teknik perbanyakan anggur brasil. (Rosy Nur Apriyanti/Peliput: Destika Cahyana)

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on June 9, 2010, in Organik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: