Manfaat Pupuk Hayati EvaGROW


Pupuk Hayati EvaGROW

1. Meyuburkan tanah

Pupuk hayati EvaGROW mengandung mikroorganisme yang dapat mendegradasi bahan organik sehingga mampu menyediakan unsur hara yang dapat diserap tanaman dan menghasilkan enzim alami dan vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah.

2. Meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah

Pupuk hayati EvaGROW mengandung mikroorganisme lokal (indegenous) unggul. Setiap aplikasi pupuk hayati EvaGROW akan meningkatkan populasi dan aktivitas mikroorganisme ‘baik’ dalam tanah. Mikroorganisme aktif yang terkandung dalam pupuk hayati EvaGROW mampu mensuplai Nitrogen untuk tanaman, melarutkan  senyawa Phosfat (P) dan melepaskan senyawa Kalium (K)  dari ikatan koloid tanah, mengurai residu kimia dan mengikat logam berat, menghasilkan zat pemacu tumbuh alami (Giberellin, Sitokinin, Asam Indol Asestat), menghasilkan asam amino, enzim alami dan vitamin serta menghasilkan zat patogen sebagai pestisida hayati. Mikroorganime yang ditambahkan dalam tanah dapat membantu proses penggemburan tanah dan mengubah zat menjadi bentuk yang dapat diserap oleh tanaman.

Penggunaan pupuk EvaGROW dapat meningkatkan simbiosis mutualisme antara tanaman dan mikroorganisme yang menguntungkan. Semakin sering mengaplikasikan pupuk hayati EvaGROW ke tanah menyebabkan tanah makin subur dan menyebabkan pemupukan menjadi hemat.

3. Meningkatkan daya serap tanah terhadap air

Penggunaan pupuk hayati EvaGROW secara tepat akan menyebabkan tanah menjadi gembur. Tanah yang gembur akan memiliki pori-pori lebih banyak guna menyalur dan menyimpan air tanah untuk kebutuhan tanaman. Pada saat musim kemarau, tanah mampu menyediakan air. Sementara pada musim hujan, tanah mampu menahan air sehingga resiko erosi dan banjir dapat dikurangi.

4. Menyediakan hara mineral bagi tanaman

Pupuk hayati EvaGROW diproduksi dalam bentuk powder yang mengandung unsur hara alami berimbang yang dibutuhkan oleh mikroba tanah dan tanaman. Pupuk hayati EvaGROW mengandung mikroorganisme unggul yang memiliki kemampuan untuk mengubah unsur hara yang tidak dapat diserap tanaman menjadi unsur hara yang tersedia untuk tanaman.

5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian

Penggunaan pupuk hayati EvaGROW dengan segala kemampuan dan kelebihan yang dimiliki oleh mikroorganisme yang dikandungnya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tanaman pertanian sekaligus menghemat biaya produksi.

6. Meningkatkan daya tahan tanaman

Kandungan hormon tumbuh alami dalam pupuk hayati EvaGROW dapat meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit dan hama. Kehadiran jamur Trichoderma dan Aspergillus dalam EvaGROW mampu mengatasi beberapa jenis serangga hama dan patogen penyebab busuk akar.

7. Menghasilkan produk sehat dan ramah lingkungan

Pupuk EvaGROW diproduksi menggunakan bahan baku alami yang diproses secara modern sehingga tidak meninggalkan residu kimia pada tanaman dan aman untuk dikonsumsi. Produk yang dihasilkan dari lahan yang diaplikasikan dengan pupuk hayati EvaGROW lebih sehat, enak dan segar karena bebas residu kimia dan tidak berbahaya buat dikonsumsi. Produk sayuran yang diproduksi menggunakan pupuk hayati EvaGROW biasanya lebih tahan lama jika disimpan pada suhu ruang maupun di dalam suhu dingin. Aplikasi pupuk hayati EvaGROW secara kontinu tidak menimbulkan pencemaran lingkungan dan aman buat petani yang mengaplikasikannya.

8. Menghemat Biaya

Penggunaan pupuk  dan pestisida kimia pada lahan pertanian bukan saja menyebabkan kerusakan pada tanah, tapi dapat menambah beban produksi, karena mahalnya pupuk dan pestisida kimia. Penggunaan pupuk hayati EvaGROW dan memadukannya dengan pupuk dasar kompos/ pupuk organik membuat biaya yang dikeluarkan petani lebih kecil.

Penggunaan pupuk hayati EvaGROW dapat mengurangi bahkan menghilangkan penggunaan pupuk kimia (Urea, NPK, TSP dan lain-lain). Pada aplikasi pertanian organik, pupuk kimia tidak digunakan sama sekali, sehingga dapat menghemat biaya. Di samping itu penggunaan pestisida kimia harus ditiadakan, sehingga beban petani untuk pengadaan pupuk dan pestisida kimia dapat dikurangi hingga 100%.

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on July 3, 2010, in NATURA. Bookmark the permalink. 21 Comments.

  1. Bisa gak kalo evagrow diaplikasikan dengan cara di campur dengan pupuk makro ???

    • Terima kasih pertanyaannya Pak. Saran kami sebaiknya pupuk evaGROW jgn dicampur saat aplikasi dengan pupuk makro kimia. Dikhawatirkan pupuk makro kimia yang berlebihan dapat ‘membunuh’ mikroorganisme ‘baik’ dalam produk evagrow. Kami sangat menyarankan petani mencoba aplikasi pertanian organik, tanpa menggunakan pupuk kimia sedikitpun. Dengan menggunakan kompos secara maksimal dan pemeliharaan dgn pupuk EvaGROW, produktivitas pertanian akan meningkat secara meyakinkan. Selamat mencoba Pak Hidarman. Salam EvaGROW ya….

  2. acep rahmatullah

    ya memang iya

  3. pak kabelan..bgmana cara penggunaan evagrow pada tanaman padi di lahan tadah hujan pak??????

  4. Selamat malam Pak,mau tanya kalo buat 1 pohon mangga,pemakaian pupuknya gmn ya?trims,Lina

    • Terima kasih Bu Lina utk pertanyaannya. Untuk tanaman perkebunan/ keras, seperti mangga sebaiknya dibuatkan dulu lubang dg diameter 1 – 1,5 M di sekeliling batang dg kedalaman 30 cm dan lebar 20 – 30 cm. Isi penuh lubang2 tsb dg kompos. Selanjutnya baru disiramkan pupuk hayati EvaGROW secara rutin setiap 1 – 3 bulan sekali di atas tumpukan kompos tsb. Dosis 1-2 sachet dalam 18 Liter air bersih dan siramkan kira-kira 3-5 Liter ke pohon mangga. Selamat mencoba

  5. pak tlong penerapan oupuk evagrow pada tnmn jagung,ditanah lumayan tandus trim kasih by gusman

    • Terima kasih pak atas commentnya. Utk jagung, coba gunakan pupuk dasar kompos secara maksimal minimal 5 ton/ hektar. Kalau rata2 hrga kompos Rp 500/ kg, maka biaya utk 5 ton adalah Rp 2.500.000,- Kompos ditaburkan di permukaan lahan sebelum pencangkulan. Kemudian lahan dicangkul, sehingga tanah dan kompos menyatu dan rata. Sbelum ditanamam, siramkan larutan EvaGROW secara merata. 1 box untuk 1 hektar lahan sekali aplikasi. Setelah lahan siap, penanaman siap dilakukan. Setelah umur tanam 1 minggu, semprotkan kembali EvaGROW di dekat pangkal batang pada tanah. Lakukan penyemprotan setiap 7-10 hari sekali hingga tanaman jagung mulai berbunga. Kebutuhan EvaGROW utk tanaman jagung sekitar 6 – 8 box EvaGROW/hektar. Demkian pak, semoga bermanfaat.

  6. pak apa bener ya : saya mau cari pupuk ini katanya stokis :::: sekarang evagrow tidak di produksi lagi ……???

    • Betul Pak, Pupuk EvaGROW sudah tidak ada ikatan kerajasama dg TIENS Pak. Skrg kami kerjasama dg Koperasi Ekonomi Rakyat Nusantara (KERaN) sbg distributor eksklusif. Tks Pak

  7. ya pak ari , bapak di daerah mana? saya bisa bantu kalo bapak butuh barangnya / pupuk evagrow saya di dis daerah depok setok melimpah atau hub 021 97272415 hehehe….

  8. Pak saya mau tanya aplikasi evagrow untuk tanaman semangka? kalau tidak menggunakan kompos apa beda jauh hasilnya? terimakasih

    • Pak Gusman Ysh, kompos berperan dlm memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah, terutama pada tanah2 yg sudah rusak, miskin dan berkurang kesuburannya akibat aplikasi kimia di lahan.
      Di samping itu kompos akan membangun ‘rumah’ utk tempat tinggal dan beraktivitasnya mikroba ‘baik’ di dalam tanah. Kompos akan memberikan ‘ruang’ utk berlangsungnya proses biologis dalam tanah.
      Dampaknya; lahan yg berkompos dengan penambahan suplai mikroba dari pupuk hayati EvaGROW akan memberikan hasil yang lebih baik daripada tdk menggunakan kompos. Ok, selamat mencoba Pak. Salam sukses, MERDEKA…!!!

  9. ada stock di manado ga’………….kalau ada minta no hpnya

  10. mungkin sudah dibahas, saya mau tanya cara pemakaian pupuk ini untuk tanaman buah di pot (tabulampot), saya punya banyak tanaman yg sementara ini saya pake pupuk kimia + pupuk kandang, pengen ganti dgn evagroq

  11. maaf EvaGROW

  12. Untuk penjualan di surabaya evagrow bisa sy beli di mana pa ?
    mohon info nya pa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: