Hadirnya Pupuk Hayati Powder


 

Pupuk Hayati EvaGROW Powder DEPTAN RI No. P 474/HAYATI/DEPTAN-PPI/I/2010

Hari gini masih pake pupuk hayati cair…. Apa kata dunia??????

Yah, sudah saatnya petani diberi pengetahuan bahkan disodorkan dengan produk yang betul-betul dapat meningkatkan produktifitas pertanian mereka. Berhentilah kita membohongi petanidengan dengan slogan, produk dan pengetahuan yang ‘meracuni’, sehingga bukan keuntungan yang mereka raih, justru  malapetaka dan kerugian yang mereka alami. Saat ini kehidupan mereka serba kekurangan ditambah lagi mereka sering dibohongi dengan berbagai produk pupuk dan pestisida yang hadir dengan slogan bombastis namun tidak terbukti mencerahkan, bahkan membuat kehidupan mereka kian terpuruk…

Pupuk hayati yang di pasaran banyak dinamai dengan pupuk organik yang jumlahnya mencapai puluhan bahkan mungkin sudah menembus angka ratusan jenis yang beredar di tengah-tengah petani kita. Sampai-sampai petani bingung harus percaya dengan produk yang mana, karena pastinya “kecap tidak ada yang nomor dua, bukan???”.

Pupuk hayati dan pupuk organik adalah sesuatu yang berbeda. Pupuk hayati kalau menurut definisi Deptan RI adalah pupuk yang mengandung mikroba, baik itu bakteri atau jamur yang tentunya harus bermanfaat buat tanah sebagai bahan aktifnya. Sedangkan pupuk organik merupakan material organik, seperti kompos, kotoran hewan yang dikomposkan dan dicampur dengan batuan zeolit, batuan posfat dan material organik lain dan bahkan ditambah dengan mikroba ‘baik’ sebagai pengkaya. Jadi kalau ada produk pupuk hayati dengan menonjolkan mikroba sebagai bahan aktifnya, tapi produsen juga mengklaim bahwa di situ mengandung N, P dan K atau mikro nutrien lain dalam jumlah yang fantastis, maka itu sangat menipu dan pembohongan kepada petani!!!

Kalau dalam sebuah produk pupuk hayat dengan ikonnya mikroba tertentu, maka kandungan makro dan mikro nutrien harusnya tidak berlebihan, karena kehadirannya dalam jumlah berlebih dapat membunuh mikroba yang memang sengaja dimasukkan dalam produk tersebut. Sebaliknya pada pupuk organik, bahan aktifnya memang harus mengandung makro dan mikro nutrien yang barang tentu jumlahnya tidak sebesar kandungan pada pupuk kimia seperti NPK.

Pada pupuk hayati berbentuk cair, daya hidup mikroba yang ada sangat rendah. Tingkat kontaminasi juga sangat tinggi dan umur simpan sangat terbatas. Dengan teknologi bio yang ada sekarang, pupuk hayati mulai diproduksi massal dalam bentuk powder. Hal ini dimungkinkan karena dengan bentuk powder, daya hidup mikroba akan lebih tinggi dan jumlah populasi mikroba yang ada dapat dipertahankan dalam jumlah yang besar seperti disyaratkan, yaitu tidak kurang dari sejuta koloni per Gram produk. Bentuk pupuk hayati powder menjamin tingkat kontaminasi rendah dan umur simpan lebih lama hingga 2-3 tahun pada suhu ruang.

Mengingat kelebihan dari pupuk hayati bentuk powder, maka sudah saatnya petani kita disodorkan dengan produk yang betul-betul bermanfaat dan berkualitas sehingga dapat meningkatkan produktifitas pertanian dan kesejahteraan mereka.

Produk pupuk hayati EvaGROW kini telah hadir dari hasil riset yang mendalam di Laboratorium Bioteknologi dan aplikasi di lapangan. Saat ini EvaGROW sudah diproduksi secara massal oleh sebuah perusahaan swasta nasional di Bandung. Semoga produk ini dapat memberikan keberkahan dan manfaat yang lebih untuk petani Indonesia, semoga….

Kalau ada yang powder, untuk apa yang cair?????

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on July 6, 2010, in F A Q, Organik. Bookmark the permalink. 18 Comments.

  1. Bagaimana cara melarutkan pupuk Evagrow ini agar benar” larut tidak menyisakan endapan. Karena setelah sy mencobanya ternyata setiap melarutkan selalu ada endapan yg menyebabkan tersumbatnya saluran sprayer. Sudah dicoba dengan cara melarukan pakai air panas dan dingin, hasilnya tetap terjadi endapan/ ampas. Mohon pencerahan nya.
    Terimakasih.

    • Bpk Ronny ysh, Terima kasih atas perhatian dan komentarnya. Mohon maaf sy baru bisa membalas sekarang.
      Pupuk EvaGrow mengandung 6 jenis mikroba unggul untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian kita.
      Jadi, yang menjadi bahan aktif utamanya adalah mikroba bukan bahan pembawanya yg berupa mineral alami yg terkadang memang tidak larut dalam air.
      Saran saya, biarkan evagrow tidak terlarut sempurna, tapi mikroba yg dikandungnya akan cepat larut dan berkembang pesat dalam media air. Setelah dilarutkan dalam air sesuai petunjuk, diaduk dengan merata dan diamkan dalam beberapa menit supaya mineral pembawanya mengendap dan mikroba mulai beraktifitas dan aktif. Supaya tidak menyumbat nozel sprayer, endapan bisa di taburkan di tanah sebagai pupuk organik.
      Semoga dapat dipahami dan terima kasih.
      Salam kenal dan salam organik

  2. Erick Kurniawan

    Salam, Pak Kurnia…

    Sy sangat terkesan dg adanya inovasi pupuk hayati dalam bentuk bubuk pada EVAGrow. terus terang, sy merasa pupuk ini akan memiliki prospek yg sangat baik. utk itu, sy ingin mereferensikan pupuk ini pada kerabat sy yg bergerak dalam usaha padi SRI. yg mau sy tanyakan, bagaimana cara aplikasi pupuk EVAGrow ini utk tanaman padi organik, dimana yg kita tau, padi organik sebaiknya tidak diberi pupuk kimia. jadi, apakah dapat diberikan pupuk EVAGrow 100% ?

    terima kasih atas perhatian bapak. salam & sukses selalu utk karya2 bapak…

    • Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf sy baru bisa jawab sekarang nih. Kami memproduksi evagrow emang utk pertanian organik termasuk padi organik metode SRI yg sdh banyak berkembang saat ini.
      Evagrow sgt direkomendasikan utk petani2 yg sdh mengaplikasikan penanaman padi metode SRI. Percobaan2 kami selama ini utk padi memang menggunakan metode SRI yg dimodifikasi, karena kami menggunakan pupuk evagrow sbg pupuk pengolah tanahnya. Aplikasinya ada di brosur dan petunjuk yg ada di kemasan produknya.
      Ok terima kasih atas segala perhatiannya dan semoga silaturahim ini berlanjut utk kebaikan, amin…
      Salam organik,

  3. pupuk organik : Pupuk kimia hny memberikan unsur hara tp tdk memberikan manfaat kelangsungan hdp organisme.

    • Betul sekali pak. Tapi pupuk kimia tertentu justru tdk memberikan manfaat sedikitpun buat tanaman. Umumnya bahan kimia yg diberikan, tidak dapat disuplai langsung ke tanaman, harus melalui proses kimiawi dlm tanah, sehingga bisa disuplai ke tanaman. Mikroorganisme tanah sgt berpengaruh dlm merubah bahan kimia dari pupuk menjadi nutrisi/hara yg penting utk tanaman.

  4. mas apakah evagrow sudah ada pestisida alaminya dan pupuk kimia lainnya?dan kolo sudah apakah kita harus tetap menggunakan pestisida dan pupuk kimia lainya seperti urea atau lainnya ?tolong dibalaskan ke email saya ok . trimssssss

    • Sudah Pak Iwan. Pupuk EvaGROW sudah mengandung pestisida hayati dari mikroorganisme, tepatnya dari jenis jamur Trichoderma sp. Mikroba ini mampu mengatasi beberapa hama ulat/ serangga dan mikroba patogen sperti Ganoderma dan Fusarium penyebab busuk akar tanaman. Untuk hama lain, bisa dilakakukan penyemperotan dengan agen hayati laiinya atau larutan ekstrak tanaman anti hama yang dibuat sendiri. terima kasih dan selamat mencoba…

  5. Erick Kurniawan

    mas, sy pengen nanya. kan di sini mas bilang kalo pupuk hayati EvaGROW lebih baik daripada yg cair yg pernah beredar. yg ingin sy tau, apa udah ada bukti2nya, mas? bukannya membandingkan, tp salah 1 pupuk cair yg pernah beredar tsb ud teruji khasiatnya. panennya jd berlipat, masa panen lebih cepat, trus hasilnya juga lebih besar dibandingkan dg tanaman yg menggunakan pupuk biasa. ya, ini cuma utk menambah info buat kita2, mas. biar ntar kita juga semakin yakin dg kemampuan pupuk EvaGROW ini. terima kasih atas perhatiannya, mas.

    • Pak Erick Ysh,
      Terima kasih atas komentarnya. Bukti2 lapangan yang sudah kami lakukan sdh cukup banyak. Kalau pernah ikut training produk dari tim trainer Pusat, di slide Power Point ada bbrp hasil ujicoba kami di bbrp jenis tanaman mulai dari padi, sayuran, sawit dan tanaman lainnya.
      Dalam blog saya memang blum sempat sy masukan. Mdh2 dlm wktu dekat sy coba utk menambahkan info mengenai aplikasi yg tlh kami lakukan.
      Terima kasih

  6. Pak Aku mau coba di satu pohon sawit, coklat itu yang mau saya garap setelah 2 – 3 sachet dicampur air diguyur ditanah sekitar batang atau bagaimana cara pakainya karena sawit udah cukup tinggi untuk disemprot didaunnya demikian juga coklat.

  7. Pak Aku mau coba di satu pohon sawit, coklat itu yang mau saya garap setelah 2 – 3 sachet dicampur air diguyur ditanah sekitar batang atau bagaimana cara pakainya karena sawit udah cukup tinggi untuk disemprot didaunnya demikian juga coklat.tolong dibalas ya pak

  8. saya pengen coba buat kayu jabon bagus gak pak?

    • Slmt mencoba Pak. Sy prnah coba di Jati Emas dan Sengon. Aplkasi plg bagus saat awal tanam. Lubang tanam yg sdh digali, ditambah kompos dan disiram dg larutan EvaGROW sebelum dimasukkan dg bibit tanaman (Jati, jabon, sengon dll) yg akan ditanam. Setelah tanaman berumur 6-12 bulan, buatkan galian tanah di sekeliling pokok batang. tambahkan kompos dan disiram secara rutin dg evagrow minimal tiap 3-5 bln sekali. Ok, selamat mencoba Pak.

  9. mas kabelan, saya ingin ngajak anda ke Bali untuk memasyarakatkan pupuk itu untuk petani anggur, ok ya
    Hp saya 0817628647

    • Ok, Blih Nyoman Tika. Terima kasih utk undangannya. Saya punya teman di Bali, yaitu DR. I Nyoman Tika, seorang dosen Kimia di Bali. Seorang teman yang baik selama kami di ITB Bandung. Mungkinkah beliau itu adalah Anda?? Saya senang dengan undangannya Blih. Semoga kita bisa bekerjasama ya….. Salam utk keluarga.

  10. bisa buat tambak ga gan?
    kalo bisagimana cara pemakainnya kalo buat tambak?

    • kalo mau aplikasi ke tambak, pake organodegra pak. lihat dan baca kembali tulisan sy ttg aplikasi organodegra pada tambak ikan bandeng. terima kasih pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: