Tanaman Jabotikaba (Anggur Brazil) Berbuah dan Manis Setelah Menggunakan EvaGROW


Bapak Tedy Wijaya. Petani Jaboticaba. Cikole, Lembang (2007)

Pak Tedi Wijaya di Kebun Jabotikaba (Lembang)

Saya sangat hobi berkebun dan menanam tanaman-tanaman unik dan langka. Salah satu kebun saya menanam tanaman khas dari Brazil, yaitu Jabotikaba atau dikenal dengan Anggur Brazil.

Tanaman Jabotikaba ini saya tanam dari bakalan batang yang sudah besar dan rata-rata berumur 5 – 8 tahun.  Setelah saya tanam di kebun saya, tanaman ini belum pernah berbuah. Padahal  umur tanaman ini di kebun saya sudah ada yang 2 – 3 tahun. Mestinya setelah 1 – 2 tahun ditanam, Jabotikaba sudah mulai belajar berbunga dan berbuah.

Akhirnya saya dikenalkan dengan seorang peneliti di ITB, Bapak Kabelan Kunia yang menyarankan menggunakan kompos dan pupuk hayati EvaGROW. Hasilnya sangat mengagetkan saya, karena setelah 3 bulan saya mencoba pupuk ini, tanaman jaboticaba saya mulai berbunga. Saya sangat tidak sabar menunggu menjadi buah. Sampai akhirnya bunga Jaboticaba sebagian besar menjadi buah yang cantik, besar dan eksotik sekali. Ketika dimakan, ah… luar biasa, rasanya sangat manis dan khas sekali. Tidaklah heran kalau buah Jaboticaba sering disebut dengan buah 7 rasa. Sensasi rasa yang dihasilkannya sangat menggiurkan. Konon ada 7 jenis rasa buah yang lidah kita rasakan saat menikmati buah bulat hitam nan menawan ini.

Tanaman Jabotikaba setelah aplikasi EvaGROW. Berbuah lebat (Majalah Trubus)

Alhasil, karena pupuk EvaGROW ini, sedikitnya sudah 2 kali wartawan Majalah TRUBUS meliput dan memuat profil kebun Jabotikba saya ini. Terima kasih EvaGROW sudah membuat Jabotikaba saya berbuah dan tanaman serta kebun saya menjadi lebih terkenal karena sudah pernah masuk Majalah TRUBUS (Edisi Januari 2010).

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on April 25, 2011, in Testimoni. Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. saya penagkar bibit buah ragunan,,,jaboticaba hanya bisa dari biji ia pak,,,ga bisa di.cangkok setek.dll..dan untuk pembuahan pake evaGROW.gimanh caranya..call ke saya aja 085717504458.nama saya.januar makasih pak..

    • Pak Januar Ysh., Trm kasih atas respon dan pertanyaannya. Memang betul, saat ini diketahui bhw Jaboticaba baru bisa dikembangbiakkan dg cara menanam biji buah buah. Agak lama memang perkembangbiakannya. Nah, utk membantu mempercepat pertumbuhan anak/ bibit, harus menggunakan pupuk hayati EvaGROW secara rutin. Caranya lakukan penyiraman larutan EvaGROW ke media tanam bibit berupa campuran tanah + kompos (1 : 1). Lakukan penyiraman setiap seminggu sekali pada pagi atau sore hari. Demikian juga pada saat tanaman menjelang berbuah di lahan. Lakukan penyiraman setiap 1-2 x sebulan utk membantu perangsangan pertumbuhan bunga dan buah. Selama t mencoba pak. Salam Organik

  2. Pak Januar, Jaboticaba bisa dibibit dari tunas yang tumbuh dari akar yang menjubul keluar dari tanah. jika tunas dah bsar maka sudah siap untuk dipotong/disapih dari indukannya.

  3. pak ppupuk evagrow untuk jabuticaba bisa dibeli dimana ya< di jogja ada?

  4. pak , info mengenai jaboticaba yg sudah berrbuah gmn?

  5. Untuk di denpasar, dimana saya bisa mendapatkan evagrow

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: