Aplikasi EvaGROW pada Durian di Banyumas


BANYUMAS – Hmm… Siapa tak kenal Durian? Siapa yang belum pernah makan buah Durian?? Buah berkulit tajam namun manis dan nikmat sekali rasanya.  Durian yang bernama latin Durio zibethinus memiliki banyak sekali varietas di Indonesia. Durian termasuk salah satu jenis buah-buahan populer yang sangat diminati dan dicari. Apalagi kalau saat sedang musim berbuah seperti sekarang ini, para pedagang durian di pinggir-pinggir jalan senantiasa diburu para penggemar dan maniak durian. Durian lokal paling banyak dicari, karena rasanya yang khas dan beraneka rasa.

Bapak Warso petani Durian di Desa Wadastumpang, Banyumas

Banyak manfaat dengan bercocok tanam Durian ini. Selain buahnya untuk dimakan, tanaman Durian yang pertumbuhan akarnya secara vertikal menembus bumi, menjadikannya sebagai pilihan jenis tanaman penahan erosi, terutama di dataran miring atau daerah yang berbukit. Begitu juga kayunya yang cenderung lurus, dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuat furniture atau perabot rumah tangga. Bahkan, akarnyapun bagus dibuat sebagai bahan untuk kerajinan.

Hal yang positif ini sudah dilakoni oleh Bapak Warso di Desa Wadastumpang, Banyumas yang mulai bercocok tanam pohon durian sejak tahun 2005 silam.  Lebih dari 80 batang tanaman Durian sudah Dia tanam di lahan berbukit seluas 2 hektar di desanya. Pohon-pohon Durian tumbuh subur, namun sebagian besar belum pernah berbuah.

Nah, kondisi inilah yang mendorong beliau untuk menggunakan pupuk hayati EvaGROW. “Siapa tahu dengan EvaGROW, pohon durian saya berbunga dan berbuah lebat.” ujar Pak Warso.

Setelah melakukan penyemprotan pupuk hayati EvaGROW sebanyak 6 kali, pohon Durian Pak Warso menunjukan gejala pembungaan. Bunga yang sangat lebat dan tidak mengalami kerontokan. “Saya sangat senang dan percaya dengan EvaGROW karena bunga Durian bermunculan, sangat lebat, namun tidak kelihatan ada yang rontok atau berjatuhan.” jelas Pak Warso penuh semangat ketika kami menemuinya di kebunnya.

Tanaman Durian Pak Warso mulai berbunga setelah aplikasi EvaGROW

Cara Budidaya Durian cara EvaGROW

Menurut Pak Warso, budidaya tanaman Durian sangat membutuhkan kesabaran. Apalagi tanaman ini baru berbuah setelah berumur 4 hingga 5 tahun. Pupuk hayati EvaGROW menyarankan tahapan budidaya Durian menggunakan EvaGROW untuk menghasilkan buah Durian yang lebat dan manis.

  • Untuk pengadaan bibit Durian unggul, Anda dapat membelinya di tempat penjualan bibit tanaman buah atau di dinas pertanian setempat. Pilih bibit hasil perbanyakan vegetatif, karena dapat mempercepat masa panen. 
  • Sebelum penanaman bibit, siapkan terlebih dahulu lahan untuk penanaman. Buat jarak tanam sekitar 10 hingga 12 meter. Bersihkan areal pertanamannya dari berbagai tanaman liar atau perdu.
  • Buatkan lubang tanam  minimal 50 cm2. Masukkan campuran pupuk organik  atau kompos berkualitas dari ORGANODegra. Pemberian pupuk organik atau kompos berguna sekali sebagai sumber hara terbaik untuk tanaman Durian, bahan organik juga dapat memperbaiki struktur tanah. Apalagi perakaran Durian cukup dalam, sehingga lebih sesuai dengan pupuk organik. Setelah itu, siramkan dengan pupuk hayati EvaGROW, dan diamkan sekitar seminggu.
  • Setelah itu, masukkan bibit ke dalam lubang tanam, lalu tutup dengan campuran tanah dan kompos sampai penuh.
  • Selama masa pemeliharaan gunakan pupuk hayati EvaGROW. Pada tahun pertama, lakukan penyiraman setiap 1 – 2 bulan sekali di sekitar batang sebanyak 1 – 3 Liter. Selanjutnya pada tahun kedua dan seterusnya, penyiraman pupuk hayati EvaGROW dilakukan 2 – 3 kali setahun.
  • Setap tahun, dibuatkan lubang sedalam 30 cm mengelilingi batang dengan diameter 1 – 2 meter dari batang. Kemudian lubang ini dimasukkan dengan pupuk organik atau kompos yang dibuat dengan ORGANODegra. Daun Durian yang berjatuhan dan gulma dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kompos. Penyiraman EvaGROW dilakukan pada permukaan kompos di dalam lubang galian.
  • Selama pemeliharaan harus rajin melakukan penyiangan terhadap pengganggu dan menjaga kondisi tanah agar tetap kondusif untuk Durian. Karena jarak tanam yang cukup luas, maka dapat dibuat teknik tumpang sari dengan tanaman sayuran atau tanaman musiman lainnya agar lebih menguntungkan (Kabelan Kunia/EvaGROW/130811)

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on August 16, 2011, in NATURA, Testimoni. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. dimana bisa mendapatkan pupuk organik EvaGROW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: