Cara Mudah Budidaya Jagung Organik ala EvaGROW


PENDAHULUAN

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang dapat diandalkan dan dikembangkan untuk menjadi komoditas unggulan pertanian kita. Di Indonesia, Jagung merupakan komoditi tanaman pangan penting yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, namun tingkat produksi belum optimal. Jagung adalah tanaman budidaya yang tidak hanya sebagai sumber karbohidrat nabati semata, namun mampu memberikan keuntungan agribisnis yang cukup prospek. Untuk mendapatkan hasil yang tinggi serta berkualitas, maka penanganan budidaya tanaman jagung haruslah di lakukan secara tepat, cermat dan menyeluruh mulai dari pemilihan benih unggul, pengolahan lahan, pemupukan, perawatan tanaman hingga pengendalian hama penyakit sampai penanganan pasca panennya.  PT. Prosper Biotech Indonesia sebagai produsen Pupuk Hayati EvaGROW berupaya meningkatkan produksi tanaman Jagung secara kuantitas, kualitas, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

SYARAT PERTUMBUHAN
Curah hujan ideal sekitar 85-200 mm/bulan dan harus merata. Pada fase pembungaan dan pengisian biji perlu mendapatkan cukup air. Sebaiknya ditanam awal musim hujan atau menjelang musim kemarau. Membutuhkan sinar matahari, tanaman yang ternaungi, pertumbuhannya akan terhambat dan memberikan hasil biji yang tidak optimal. Suhu optimum antara 230 oC – 300 oC. Jagung tidak memerlukan persyaratan tanah khusus, namun tanah yang gembur, subur dan kaya humus akan berproduksi optimal. pH tanah antara 5,6-7,5. Aerasi dan ketersediaan air baik, kemiringan tanah kurang dari 8%. Daerah dengan tingkat kemiringan lebih dari 8%, sebaiknya dilakukan pembentukan teras dahulu. Ketinggian antara 1000-1800 m dpl dengan ketinggian optimum antara 50-600 m dpl

PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA
A. Syarat benih
Benih sebaiknya bermutu tinggi baik genetik, fisik dan fisiologi (benih hibryda). Daya tumbuh benih lebih dari 90%. Kebutuhan benih + 20-30 kg/ha. 

B. Pengolahan Lahan
Lahan dibersihkan dari sisa tanaman sebelumnya, sisa tanaman yang berupa batang jagung, daun jagung dan rerumputan dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan kotoran hewan (KOHE), selanjutnya dikomposkan dengan menggunakan Dekomposer Kompos Unggul ORGANODegra. Setelah kompos matang (1 – 2 minggu),  tebarkan ke lahan, kemudian dicangkul dan dicampur dengan tanah secara merata. Tanah yang akan ditanami dicangkul sedalam minimal 30 cm, kemudian diratakan. Setiap 3 m dibuat saluran drainase sepanjang barisan tanaman. Lebar saluran 25-30 cm, kedalaman 20 cm. Saluran ini dibuat terutama pada tanah yang drainasenya jelek. Di daerah dengan pH kurang dari 5, tanah dikapur (dosis 300 kg/ha) dengan cara menyebar kapur merata/pada barisan tanaman, + 1 bulan sebelum tanam.

C. Pemupukan

Pupuk Dasar Kompos

Sebagai pupuk dasar diberikan kompos dari hasil pengomposan dengan ORGANODegra minimal 7 ton/hektar. Pupuk Kompos diberikan saat pengolahan lahan dan dicampur sempurna dengan tanah di lahan pertanaman.

Pupuk Lanjutan dengan EvaGROW

Sehari sebelum penanaman, lahan disemprotkan dengan larutan aktif EvaGROW secara merata, terutama pada lubang-lubang tanam. Dosis penggunaan EvaGROW, 1 – 2 sachet dalam 14 – 20 Liter air bersih (1 tanki).

Setelah 7 hari setelah tanam (7 HST), semprotkan kembali pupuk hayati EvaGROW secara merata pada tanah dan daun tanaman Jagung yang sudah tumbuh.

Pemupukan selanjutnya dilakukan setiap 7 – 10 hari sekali menggunakan pupuk hayati EvaGROW hingga tanaman Jagung mulai berbuah. Setiap musim tanam diperlukan pemupukan hingga 4 kali pemupukan dengan dosis 2 sachet untuk 14 – 20 Liter air. Jadi setiap musim tanam diperlukan hanya 6 – 8 box EvaGROW.

Panen Jagung Organik Bersama EvaGROW

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on October 30, 2011, in KERaN, NATURA, ORGANODegra. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Waw,menakjubkan. Ini dia yg ditunggu masyarakat pedesaan. Mungkin kami akan banyak bertanya lagi.

    • Ok, trm kasih Kak Kodri. Semoga semua dapat bermanfaat untuk petani kita di Sumsel dan seluruh Indonesia, amiinnn..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: