Kunjungan Tamu dari Jepang ke Pabrik PBI


Kunjungan Mr. Nishida di pabrik EvaGROW dan sawah

Cimareme, 21 Nopember 2011. Mr. Tomio Nishida sebagai CEO Pollars Laboratory Corporation (www.pollars.co.jp) dari Jepang berkenan mengunjungi pabrik PT. Prosper Biotech Indonesia sekaligus kami ajak meninjau sawah milik Bapak H. Uri yang sudah rutin mengaplikasikan Pupuk Hayati dan ORGANODegra pada tanaman Padi miliknya.

Beliau berkesempatan bertemu langsung dengan pemilik sawah. Beberapa pertanyaan sempat beliau tanyakan ke H. Uri sebagai pemilik sawah menyangkut cara budidaya dan penggunaan Pupuk Hayati EvaGROW pada tanaman Padi di sawah yang yang kini sudah 20 HST (Hari Setelah Tanam).

“Saya sangat senang bisa datang ke pabrik PT. Prosper Biotech Indonesia dan bertemu langsung dengan petani yang menanam padi menggunakan pupuk EvaGROW. Sangat luar biasa manfaat pupuk ini, sehingga bisa meningkatkan hasil panen Padi mencapai 8 – 10 ton/hektar tanpa menggunakan pupuk kimia sama sekali.” Demikian komentar Mr. Nishida sembari sibuk mendokumentasikan sawah H. Uri.

“Di Jepang, petani masih menggunakan pupuk kimia secara berlebihan, belum ada atau sedikit sekali yang mengetahui manfaat pupuk yang berbahan dasar mikroba seperti yang ada pada pupuk EvaGROW.” Pungkasnya sembari senyum takjub. Alhasil, beliau sangat berhasrat untuk mensosialisasikan EvaGROW di negaranya.

Menurut beliau, banyak pengusaha pupuk di Jepang mengembangkan pupuk yang dapat memicu rasa manis pada tanaman budidaya, terutama pada beras, sayuran dan buah-buahan. Hal ini menurutnya dipicu oleh kehadiran asam amino yang cukup pada pupuk yang digunakan. Sehingga pengembang di sana banyak menggunakan bahan baku seperti tepung ikan dan seaweed yang dipercaya mengandung asam amino yang besar.

Padahal dari pengalaman EvaGROW pada tanaman ujicoba di lapangan, dengan aplikasi EvaGROW  yang berbasis mikroba, nyatanya mampu memberikan cita rasa manis yang cukup pada komoditas budidaya seperti beras, sayuran dan buah-buahan. Menyadari ini, Mr. Nishida sangat tertarik sekali mempelajari peran mikroba ‘baik’ di dalam tanah yang dapat meningkatkan kualitas tanaman.

Secara alamiah mikroba-mikroba ‘baik’ di dalam tanah mampu memproduksi asam amino dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas produksi daun, bunga dan buahnya. Mikroba ‘baik’ sejenis dapat ditambahkan ke dalam tanah untuk lebih meningkatkan perannya dalam mensuplai kebutuhan nutrisi maupun asam amino yang dimaksud untuk lebih merangsang pertumbuhan dan peningkatan kualitas tanaman budidaya. Pupuk Hayati EvaGROW yang mengandung mikroba-mikroba ‘baik’ pilihan dan unggul terbukti memiliki peran yang dapat membantu tujuan yang diharapkan oleh petani termasuk petani di Jepang seperti yang diharapkan Mr. Nishida.

“Harusnya namanya diganti menjadi ‘EvaSWEET’ he…he….” Canda beliau menanggapi penjelasan tentang kemampuan EvaGROW yang juga mampu meningkatkan cita rasa manis pada tanaman. Maksudnya dengan perubahan nama semacam itu, diharapkan petani-petani di Jepang akan terangsang untuk mengaplikasikannya. Di Jepang menurut beliau, petani tidak lagi memikirkan ‘GROW’, tapi sudah mencari kemampuan pupuk untuk meningkatkan kualitas seperti ‘SWEET’ atau rasa manis.

Kunjungan tamu saya dari Jepang ini yang sebelumnya datang ke ITB, memberikan makna tersendiri untuk kemajuan dan perkembangan pupuk hayati EvaGROW. Peningkatan performa dan kualitas menjadi kunci untuk meraih sukses dan masuk kepada pasar petani yang makin luas dan terdidik. Terima kasih Mr. Nishida atas kunjungannya, sampai ketemu kembali di lain waktu dengan pencapaian kami yang lebih maksimal lagi (Belan/ EvaGROW).

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on December 1, 2011, in NATURA. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Muhammad Ilyas

    Produk yang bagus, berwawasan lingkungan, menjanjikan banyak keuntungan bagi petani dan konsumen hasil pertanian yang sangat merindukan produk pertanian organik yang SEHAT. Tapi…….., kenapa tidak dipromosikan secara luas khususnya ke daerah-daerah yang mayoritas penduduknya bekerja di bidang agraris. Jika hasil kerja di bidang pertanian sangat menjanjikan keuntungan besar, tentunya bisa mengurangi keinginan generasi muda yang memilih pergi ke kota untuk bekerja di bidang industri. Kapan produk ini dipromosikan secara luas (misalnya di televisi). Saya petani di daerah kab. Tuban, ingin mencoba produk ini. Di mana kami bisa mendapatkannya ……………..?.

    • Kabelan Kunia

      Terima kasih Pa M. Ilyas atas tanggapannya. Kami mohon Bpk bisa menyampaikan alamat Bpk di tuban, nanti ada distributor kami yang bisa menghubungi Bpk di lokasi. Untuk info Bp bisa kontak no 081322060711. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: