SOLAGRI 1 Meningkatkan Produktivitas Tembakau di Leles, Garut


Distributor SOLAGRI 1 dan Petani Tembakau di Leles, Kabupaten Garut

Leles – GARUT. Tembakau rakyat (Nicotiana tabacum Linn.) merupakan salah satu tanaman semusim yang mempunyai kaitan erat dengan perkembangan industri rokok di Indonesia. Hasil produksi tembakau rakyat merupakan bahan baku industri rokok kretek dan rokok putih (sigaret). Dari industri rokok ini tembakau memberikan sumbangan yang sangat besar bagi devisa negara. Sumbangan untuk devisa negara sebesar Rp 3 trilyun pada tahun 1995 berasal dari cukai rokok.

Aplikasi Pupuk Hayati Unggul SOLAGRI 1 pada tanaman Tembakau di Leles, Garut sudah dilakukan di beberapa kelompok tani Tembakau. Pemberian SOLAGRI 1 secara rutin dan teratur, membeikan respon positif terhadap pertumbuhan tanaman Tembakau. Indikator yang dapat diamati dilihat dari tinggi tanaman, lebar dan tebal daun serta peningkatan serapan N pada tembakau.

Pupuk hayati SOLAGRi 1 lebih efektif meningkatkan pertumbuhan, hasil dan mutu Tembakau Leles, serta meningkatkan serapan hara N dan P bagi tanaman Tembakau. Dosis pupuk SOLAGRI 1 sebanyak 10 botol/ ha sudah cukup untuk menghasilkan produksi tinggi, yaitu 6.533 kg daun basah/ hektar atau setara 865 kg rajangan kering/ hektar, indeks mutu dan indeks tanaman yang tertinggi, sebesar 53,88 dan 58,82.

Hasil ini sudah barang tentu meningkatkan semangat petani Tembakau di Leles, Garut. Peningkatan poduksi yang diiringi dengan penghematan biaya produksi sudah dipastikan semakin memicu mereka untuk lebih giat membudidayakan tanaman Tembakau untuk hasil yang lebih baik. Harapan mereka adalah harapan SOLAGRI 1 juga untuk makin dimiliki oleh petani di Indonesia, sehingga petani bisa lebih sejahtera dengan pertanian Organik, Amin (*Kabelan Kunia)

Pertumbuhan yang pesat tanaman Tembakau setelah aplikasi SOLAGRI 1

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on March 15, 2012, in SOLAGRI, Testimoni and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: