Sukses Beternak Ayam Broiler dengan SOLAGRI 3


Bapak Ana, peternak Ayam Broiler di Padalarang yang sudah mengaplikasikan SOLAGRI 3

Tren penggunaan enzim pada pakan unggas di dunia terus meningkat, termasuk Indonesia. Biokatalis yang mempercepat reaksi-reaksi kimia ini, kini dijadikan pilihan pertama dalam mengoptimalkan performa produksi unggas sekaligus meminimalkan dampak lingkungan.

Penggunaan enzim seperti phytase pada pakan broiler (ayam pedaging) di Amerika Serikat sekarang mencapai sekitar 95 %. Tingginya penggunaan ini, karena pabrik pakan memahami bagaimana cara kerja dan manfaatnya, yaitu dapat menurunkan biaya pakan karena menurunkan level penggunaan P (fosfor) inorganik. Sekaligus menurunkan ekskresi P pada feses.

Di Indonesia sendiri penggunaan enzim phytase pada pakan layer (ayam petelur) sudah mencapai sekitar 95 %. Enzim jenis lain yang mendegradasi NSP seperti β-mannanase cukup banyak digunakan pada pakan unggas. Suplementasi β-mannanase terbukti mampu meningkatkan utilitas energi pada pakan unggas yang berbasis jagung-kedelai dan berpotensi menurunkan biaya pakan. Ini karena enzim ini dapat menghidrolisa β-mannan yang terkandung dalam tepung kedelai.

Indonesia memiliki jumlah Palm Kernel Meal (PKM – tepung inti sawit) dalam jumlah yang banyak  dan sangat potensial  dijadikan sebagai bahan pakan alternatif untuk unggas sebagai upaya efisiensi. PKM mengandung banyak β-mannan. β-mannan juga tergolong serat antinutrisi yang berdampak negatif pada performa produksi unggas. Karena jumlah β-mannan-nya banyak sehingga membuat penggunaan PKM jadi terbatas. Enzim β-mannanase dapat menghidrolisa β-mannan yang banyak tersebut, sehingga tidak terdapat lagi efek negatif pada unggas dan bahkan meningkatkan ketersediaan energi.

SOLAGRI 3, Multi Enzim
Berkenaan dengan banyaknya manfaat enzim dan kombinasinya dalam pakan, menantang saya untuk mengkombinasikan 7 (tujuh) jenis enzim dari isolat mikroba lokal dalam sebuah produk spektakuler, yaitu SOLAGRI 3.  Dalam proses penelitian dan ujicoba di lapangan selama kurun waktu lebih dari 5 tahun, saya dan tim sudah melakukan penelitian dan ujicoba langsung ke lapangan terhadap kombinasi 7 enzim ini pada unggas.

Aplikasi SOLAGRI 3 untuk meningkatkan produksi dan menekan kematian Ayam Broiler sudah dilakukan di peternakan binaan Fiesta di Padalarang. Selama ujicoba, SOLAGRi 3 mampu memberikan respon positif pada ternak Ayam Broiler. Tingkat kematian menurun drastis hingga 85% selama masa ujicoba, utamanya pada anak Ayam usia 1 – 15 hari.

“Alhamdulillah, pertumbuhan DOC melaju pesat dengan kematian yang rendah, hanya kurang dari 1%. Bobot ayam 1 kg tercapai lebih cepat dari biasanya (kontrol), paling tidak 2 – 3 hari lebih cepat. Kondisi kandang lebih bersih, karena kotoran ayam tidak becek (lembek) dan tidak berbau seperti selama ini”. Jelas Bapak Ana setelah lebih dari 25 hari menggunakan SOLAGRI 3 pada ayamnya dengan populasi mencapai 20.000 ekor di padalarang baru-baru ini (*Kabelan Kunia)

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on September 1, 2012, in SOLAGRI, Testimoni and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. bagi rekan2 peternak ayam yg sedang cari2 pakan alternatif,kami juga menyediakan Azolla microphylla sebagai pakan alternatif untuk ayam,azolla dengan kandungan protein yg tinggi,sangat baik untuk perkembangan ternak.anda dapat membudidayakanya sendiri sebagai stok,azolla sangat cepat berkembang biak,mudah di budidayakan.dengan membudidayakan azolla,anda serasa punya pabrik pakan sendiri.info hub 085264608009

    • Apalagi kalo pakan ternak dari Azolla dikombinasikan dengan Enzim dai SOLAGRI 3, pasti lebih mantab, karena daya cerna ternak lebih efisien, nutrisi yg diserap pasti lebih efektif dan maksimal. Ternak lebih sehat dan produktivitas meningkat.

  2. Kalo di kalimantan Selatan dah ada agentnya blm pak?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: