Susu Sapi Meningkat Setelah Aplikasi SOLAGRI 3


Bapak Asep (Peternak) dan Bapak Andre (Maketing SOLAGI 3) di kandang Sapi Perah Ibu Alis di Desa Pasir Jambu, Ciwidey, Jabar.

Apabila digunakan secara benar dan teratur, formulasi enzim SOLAGRI 3 sangat berpotensi membantu meningkatkan hasil susu sapi meski tanpa pemberian pakan yang lebih banyak dari biasanya.

Enzim adalah protein yang mengkatalisis atau memfasilitasi reaksi kimia di dalam usus sapi. Enzim dalam SOLAGRI 3 sangat penting membantu pencernaan karena mereka memecah pakan menjadi komponen kimia penting seperti glukosa dan asam amino. Sapi kemudian menggunakan komponen ini secara langsung atau melalui mikroba ‘baik’ dalam rumennya.

Kerja dan reaksi enzim sangat spesifik. Enzim memecah ikatan kimia tertentu dari nutrisi pakan yang diberikan menjadi nutrisi yang tersedia dan mampu meningkatkan bobot bahkan susu pada sapi perah. Sehingga, pencernaan pakan hijauan, seperti umput gajah, jerami dan daun jagung sangat membutuhkan aktivitas ratusan enzim yang unik untuk menyiapkan nutrisi bemanfaat bagi pertumbuhan sapi dan peningkatan kuantitas dan kualitas susunya.

Nama enzim biasanya menunjukkan nutrisi dasar atau substrat yang mampu dicerna oleh enzim tersebut. Enzim protease misalnya, mencerna protein, selulase mencerna selulosa dan hemiselulosa,  xylanases membantu mencerna xilan, amilase berfungsi mencerna amilum, dan fitase berperan mendegradasi fitat (bentuk utama senyawa fosfor di dalam tanaman), sebagai elemen yang banyak tedapat dalam bahan baku pakan komersial, seperti kedelai, jagung dan huut (sekam padi).

SOLAGRI 3 mengandung paling tidak 7 (tujuh) jenis enzim unggul yang disekresi oleh mikroba spesifik dari laboratorium secara mikrobiologis dan teknik Bioteknologi terkini. Ketujuh enzim unggul yang tedapat dalam SOLAGRI 3 memiliki peran yang sinergis untuk meningkatkan produksi sekaligus kualitas susu yang dihasilkan oleh sapi perah.

Beberapa peternak sudah merasakan hasil yang lebih baik dari biasanya setelah mengaplikasikan SOLAGRI 3 secara rutin dan teratur. Hal ini juga sangat dirasakan oleh Bapak Asep, pengelola di peternakan Ibu Alis di Desa Pasir Jambu, Ciwidey. “Luar biasa sekali efek dari SOLAGRI 3 pada sapi perah yang sudah dicobakan. Susu sapi secara perlahan meningkat setiap harinya, yang tadinya hanya 18 liter per hari per ekor, sekarang sudah meningkat menjadi 2o Liter per hari per ekor sejak 3 – 4 minggu pemberian SOLAGRI 3″. Ungkapnya penuh senyum kebahagiaan.

Secara umum aplikasi SOLAGRI 3 di KUD Pasir Jambu berjalan cukup baik dan animo peternak sangat luar biasa. Diharapkan kehadiran SOLAGRI 3 di Pasir Jambu ini dapat makin meningkatkan hasil susu sapi para peternak anggota koperasi. Kejayaan KUD Pasir Jambu merupakan cerminan dari berhasilnya dan berjayanya para peternak anggotanya (*Kabelan Kunia).

Bapak Asep dan Sapinya di Desa Pasir Jambu, Ciwidey

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on September 3, 2012, in SOLAGRI, Testimoni and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: