SOLAGRI 3 Mampu Meningkatkan Susu Sapi di Ciwidey


Ibu Alis, pemilik Sapi perah yang sudah menggunakan SOLAGRI 3 di Desa Pasir Jambu, Ciwidey

Produksi susu di Indonesia masih sangat rendah. Di peternakan yang tergabung dalam Koperasi Susu Pasir Jambu, Ciwidey, susu sapi perah yang dihasilkan hanya sebesar 18 liter per ekor sapi per hari, padahal idealnya menghasilkan minimal 20  liter per ekor sapi per hari.

Sementara itu, konsumsi susu di Indonesia juga sangat rendah bila dibandingkan negara di kawasan ASEAN, yaitu hanya 5,6 liter per kapita per tahun. Padahal susu sapi merupakan bahan pangan yang sangat berharga karena memiliki kandungan nutrien esensial yang tinggi, dan menurut penelitian, dengan mengkonsumsi susu, resiko terkena penyakit degeneratif menjadi rendah. Rendahnya konsumsi protein hewani berdampak pada tingkat kualitas hidup dan daya saing bangsa.

Penyediaan bahan pakan sapi perah harus mempertimbangkan faktor palatabilitas, nilai nutrisi, ketersediaan dan tidak bersaing dengan kebutuhan manusia, serta harga terjangkau. Sapi perah hendaknya diberi dua kelompok pakan yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Pakan hijauan merupakan pakan utama ruminansia karena melalui fermentasi di dalam rumen oleh mikroba, serta dapat menyediakan energi untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok. Sementara pakan konsentrat adalah campuran bahan pakan yang kaya energi dan protein, yang berguna untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas susu sapi perah laktasi.

Guna menggenjot produksi susu pada sapi perah, perlu dilakukan perubahan menyeluruh terhadap sistem dan paradigma beternak para peternak itu sendiri. Di kalangan peternak sapi perah yang tergabung dalam wadah KUD Pasir Jambu, diupayakan penggunaan tambahan Enzim SOLAGRI 3 yang sudah terbukti mampu meningkatkan volume susu sekaligus kualitas susu sapi perah selama periode laktasi.

Enzim ini mampu meningkatkan selera makan sapi. “Alhamdulillah, setelah menggunakan SOLAGRI 3 pada hijauan dan konsentrat setiap 2 hari sekali, peningkatan susu sudah mencapai 5 liter per hari. Selama ini tidak pernah terjadi susu meningkat sebesar itu”. Ungkap Ibu Alis antusias setelah menyaksikan sendiri hasil produksi susu sapinya yang berjumlah 20 ekor di Desa Pasir Jambu, Ciwidey.

Untuk itu Ibu Alis menyarankan kepada peternak sapi perah di Pasir jambu untuk memberikan asupan berupa SOLAGRI 3 untuk menghasilkan produksi susu yang banyak. “Kalau hasil dan kualitas susu sapi di Ciwidey meningkat akibat penggunaan SOLAGRI 3, maka kesejahteraan peternak dalam wadah KUD Pasir Jambu dapat terwujud, amin…” Ungkapnya optimis.

Harapan Ibu Alis tentunya harapan kami juga sebagai penggagas produk SOLAGRI 3 yang sudah terbukti mampu meningkatkan produksi susu dan menjamin perbaikan kualitas susu yang dihasilkan. Harapannya semoga produk ini dapat bermanfaat untuk semua peternak di seluruh Nusantara, semoga (*Kabelan Kunia)

Produksi Susu meningkat berkat SOLAGRI 3

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on September 10, 2012, in SOLAGRI, Testimoni and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: