Enzim-enzim Unggul untuk Ternak dalam SOLAGRI 3


Enzim-enzim unggul dalam SOLAGRI 3 bermanfaat mendongkrak produksi ternak

Phytase

Phospor merupakan unsur esensial untuk semua hewan, karena diperlukan untuk mineralisasi tulang, imunitas, fertilitas dan juga pertumbuhan.  Swine dan Unggas hanya dapat mencerna Phospor dalam bentuk asam pitat yang terdapat dalam sayur sekitar 30-40 %.  Phospor yang tidak dapat dicerna akan keluar bersama kotoran (feces) dan menimbulkan pencemaran.

Enzim pytase dapat memecah asam pytat, maka penambahan enzim tersebut pada pakan ternak akan membebaskan lebih banyak phospor yang digunakan oleh hewan.

Enzime phytase banyak dikenal dapat menghilangkan pengaruh anti nutrisi asam phitat. Penggunaan enzime phytase  dalam pakan akan mengurangi keharusan penambahan sumber-sumber fosfor anorganik   mengingat fosfor asal bahan baku tumbuhan terikat dalam asam phitat yang mengurangi ketersediaannya dalam pakan.

Terdapat dua keuntungan menggunakan phytase dalam pakan ternak, yaitu (1) pengurangan biaya pakan dari pengurangan suplemen P pada makanan dan (2) pengurangan polusi dari berkurangnya limbah melalui feces.

Amilase

Merupakan enzim pemecah pati. Penambahan enzim amylase pada makanan ayam atau ternak lainnya dapat membantu mencerna pati lebih cepat di intestin yang kecil dan pada gilirannya dapat memperbaiki kecepatan pertumbuhan karena adanya peningkatan pengambilan nutrisi.

Protease

Penambahan protease dapat membantu menetralkan pengaruh negatif dari faktor anti-nutrisi berprotein dan juga dapat memecah simpanan protein yang besar menjadi molekul yang kecil dan dapat diserap.

Berbagai bahan mentah yang digunakan sebagai bahan pakan ternak mengandung protein.  Terdapat variasi kualitas dan kandungan protein yang cukup besar  dari bahan mentah yang  berbeda.  Dari sumber bahan protein primer seperti kedelai, beberapa faktor anti nutrisi seperti lectins dan trypsin inhibitor dapat memicu kerusakan pada permukaan penyerapan, karena ketidaksempurnaan proses pencernaan.  Selain itu belum berkembangnya sistem pencernaan pada hewan muda menyebabkan tidak mampu menggunakan simpanan protein yang besar di dalam kedelai (glycin dan ß-conglycinin).

Xylanase dan ß-glucanase

Merupakan enzim pemecah serat. Untuk memecah serat, enzim-enzim xylanase dan ß-glucanase) dapat menurunkan tingkat variasi nilai nutrisi pada ransum dan dapat memberikan perbaikan dari pakan ternak sekaligus konsistensi responnya pada hewan ternak.

Enzim xilanase yang digunakan dalam SOLAGRI 3 lebih efektif apabila digunakan pada polar, yang diketahui mengandung lebih banyak xilan/pentosan  atau glucan dibanding dedak. Ransum makanan ternak yang diberi xilanase mampu mengurangi viskositas pencernaan, sehingga meningkatkan pencapaian berat dan efisiensi konversi makanan.

SOLAGRI 3, Multi Enzim Pakan

Pada prinsipnya penambahan enzim dalam pakan bertujuan untuk menyingkirkan faktor anti nutrisi yang lazim terdapat dalam bahan baku asal tanaman. Peranan anti nutrisi dalam bentuk menghambat pencernaan nutrisi  yang mengarah pada menurunnya enerji metabolis bahan, pertumbuhan yang rendah, konversi pakan yang buruk, kotoran basah yang menghasilkan telur-telur yang kotor dan masalah sampah. Tujuan lain adalah untuk meningkatkan daya cerna bahan, membuat nutrisi-nutrisi tertentu secara biologis lebih tersedia, dan mengurangi dampak pencemaran yang ditimbulkan oleh kotoran ternak.

Penambahan enzim pada pakan ternak telah terbukti meningkatkan daya cerna makanan, namun demikian karena dalam proses produksi pakan ternak menggunakan suhu yang cukup tinggi, maka diperlukan enzim-enzim yang sifatnya tahan terhadap suhu tinggi.  Explorasi enzim-enzim pemecah pati, protein, asam phytat masih sangat terbuka luas mengingat di daerah tropis merupakan megadiversitas tidak menutup kemungkinan banyak mikroorganisme yang menghasilkan enzim-enzim yang dimaksud (*Kabelan Kunia).

SOLAGRI 3 diaplikasikan pada ayam broiler. Bapak Andi Wijaya (kiri) dan Bapak Hari Moerti (kanan)

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on September 13, 2012, in Profil, SOLAGRI and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Belan, jadi solagri mengandung ekstrak ketiga jenis enzim-enzim tsb
    ? atau mengandung mikroorganisme penghasil enzim-enzim tsb

    • Asswrwb. Mba Era, terima kasih atas pertanyaan dan komennya ya. Ya Mba, produk SOLAGRI 3 mengandung Enzim-enzim unggul utk hewan ternak. Jadi enzim yang kami produksi di pabrik menggunakan mikroba unggul penghasil enzim. Sekali-kali boleh mampir di pabrik mba, di kiaracondong. terima kasih. Slaam utk keluarga.

    • Bu Era, SOLAGRI 3 mengandung 7 macam enzim dan mikroba probiotik utk ternak darat. Sejauh ini di lapangan manfaat kombinasi ini secara signifikan memberikan kenaikan kualitas dan kuantitas pada ternak sepeti Sapi perah, sapi potong, babi, dan ayam broiler.

  2. Assalamu’alaikum
    pak, apakah solagri-3 bisa di aplikasikan ke perikanan?
    Apakah bisa untuk fermentasi kotoran sapi?
    mohon alamatnya pak
    terima kasih

    • Wassalamu’alaikum pak Yahya. untuk perikanan, kami ada produk SOLAGRI 4 khusus utk meningkatkan produksi dan kualitas perikanan darat. Untuk fermentasi kotoran sapi, bisa menggunakan SOLAGRI 2, dekomposer kompos. Produksi kami semua di bandung Pak. Silahkan mampir di pabrik kami di Bdg. utk kontak bisa ke email : kabelankunia@gmail.com. atau kontak 081322060711. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: