SOLAGRI 1 Meningkatkan Produktivitas Kopi di Ciwidey


Kondisi di kebun Kopi, Ciwidey setelah mengaplikasikan SOLAGRI 1

SIFAT biologi tanah merupakan unsur penting dari media tanam yang perlu diperhatikan untuk pertum-buhan tanaman. Sifat biologi tanah menyangkut dengan kehidupan mikroorganisme tanah di dalam media. Salah satu teknologi yang inovatif untuk meningkatkan aktivitas mikroorganisme dalam tanah adalah dengan pemberian pupuk hayati.

Sebuah produk pupuk hayati unggul hasil inovasi anak bangsa adalah SOLAGRI 1. Pupuk hayati ini selain mengandung unsur hara yang berimbang, juga mengandung populasi mikroba lokal dari alam asli Indonesia serta ramah lingkungan.  Pupuk hayati ini tidak mengandung logam berat seperti As, Pb, Hg, Cd maupun mikroba patogen seperti E coli dan Salmonella sp.

Pupuk ini dipersiapkan dan dirancang untuk memperbaiki kesuburan tanah di Indonesia. Beberapa mikroorganisme dominan dalam pupuk ini adalah Azotobacter sp., Azospirilium sp., Bacillus sp., Lactobacillus sp., Aspergillus sp., Trichoderma sp., dan yang terbaru sudah mengandung Mikoriza unggul (Kabelan Kunia, 2012).

Pupuk hayati SOLAGRI 1. dapat mempercepat pelapukan bahan organik di dalam tanah, sehingga diharapkan ketersediaan unsur-unsur penting bagi tanaman berlangsung lebih cepat.

Selain itu, pupuk hayati ini dapat juga berperan dalam pengendalian penyakit tanaman dan menjaga lingkungan hidup.  Pupuk hayati SOLAGRI 1 mengandung jamur Trichoderma sp. yang berperan sebagai musuh alami penyakit jamur akar atau busuk pangkal batang.  Disamping itu, di dalam pupuk hayati SOLAGRI 1 mengandung bakteri Bacillus sp. yang sangat berperan penting dalam proses penguraian pestisida di dalam tanah.

Menurut pengalaman di lapangan, konsentrasi pupuk SOLAGRI 1 yang dianjurkan untuk tanaman kopi adalah 100 Gram yang diencerkan dengan 20 L air, selanjutnya disemprotkan pada tanah di bawah pokok batang dan di piringan di bawah batang. Namun demikian, disarankan sebelum penyemprotan harus diberikan kompos pada piringan atau di sekitar batang kopi.

Hasil aplikasi pupuk hayati SOLAGRI 1 pada tanaman Kopi di Ciwidey seperti di video di atas menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Buah kopi lebih lebat dan setelah dipetik, akan segera tumbuh bunga baru kembali. Kondisi ini membuat petani lebih bersemangat lagi. Hal ini juga didukung tim marketing SOLAGRI 1, Bapak Hajar Aswad yang solid dan militan di lapangan dan setiap saat dapat membantu petani dalam proses pemupukannya.

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on October 5, 2012, in SOLAGRI, Testimoni and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: