Ayam Bu Sri yang Sehat Menggunakan SOLAGRI 3


Ibu Sri, Peternak Ayam Broiler Mengaplikasikan SOLAGRI 3

Pada dasarnya setiap jenis ternak menggunakan enzim untuk mencerna makanan yang mereka makan, baik dengan memproduksi sendiri enzim tersebut maupun oleh mikroba yang terdapat dalam alat pencernaannya. Namun demikian proses pencernaan tersebut tidak dapat sepenuhnya efisien. Sebagai contoh, babi, tidak dapat mencerna 15 – 25% pakan yang dimakannya (Bedforth dan Partridge, 2001). Oleh karena itu penggunaan dan penambahan suplemen enzim sebagai feed suplemen diperlukan untuk dapat meningkatkan efisiensi pencernaan pakan.

Demikian juga dengan ransum yang mengandung biji-bijian seperti gandum, barley dan produk ikutan industri pertanian seperti pollard, dedak padi, gaplek mengandung serat kasar yang relatif tinggi, yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh ternak monogastrik seperti unggas dan babi. Hal tersebut dapat diatasi dengan penambahan enzim pendegradasi serat seperti xilanase dan Phytase yang dapat menurunkan viskositas digesta, sehingga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi tehadap pakan tesebut.

Pengalaman Ibu Sri yang sudah mengaplikasikan enzim SOLAGRI 3 pada peternakan Ayam Broiler miliknya patut dicontoh oleh peternak ayam lainnya. Peternakan beliau yang berlokasi di Desa Gumuk Rejo, Teras, Boyolali, Jawa Tengah ini sudah mengaplikasikan SOLAGRI 3 sejak sebulan terakhir. Alhasil selama periode aplikasi, Ibu Si sudah merasakan manfaatnya.

“Setelah pake SOLAGRI 3, ayam-ayamku sehat, kematian berkurang  jauh, tidak seperti biasanya. Nafsu makan ayam sangat tinggi, sampe-sampe aku kualahan dan selalu memberikan pakan di kandang. Pemberian antibiotik bisa dikurangi. Tapi, ayam gemuknya lebih cepat. Untuk mencapai bobot 1,5 kg bisa lebih cepat 1-2 hari dari biasanya”. Demikian ungkap Ibu Sri sumringah.

Peningkatan penampilan ayam pedaging Ibu Sri yang diberi suplementasi enzim SOLAGRI 3 ini, kemungkinan juga berkaitan dengan peningkatan kecernaan protein dan lemak di samping kenaikan kecernaan polisakarida non pati (Kabelan Kunia, 2012).

Ayam Broiler Ibu Sri yang sehat setelah mengkonsumsi SOLAGRI 3

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on November 28, 2012, in SOLAGRI, Testimoni and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: