Mengapa Harus Menggunakan SOLAGRI 3 pada Ternak…?


Perbandingan karkas ayam broiler yang mengkonsumsi SOLAGRI 3 dan Kontrol (tanpa menggunakan SOLAGRI 3)

Perbandingan karkas ayam broiler yang mengkonsumsi SOLAGRI 3 dan Kontrol (tanpa menggunakan SOLAGRI 3)

ALASAN utama menggunakan enzim SOLAGRI 3 dalam industri peternakan dan pakan adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan nilai nutrisi sekaligus mengefisienkan penyerapan nutrisi pakan oleh ternak. Sesungguhnya semua hewan ternak menggunakan enzim dalam proses mencerna makanannya, dimana enzim tersebut dihasilkan baik oleh ternak itu sendiri maupun oleh mikroorganisme yang ada pada organ pencernaannya.  Namun demikian proses pencernaan tidak mencapai 100% dari bahan makanan yang dicerna, karena itu perlu ada suplemen enzim SOLAGRI 3 pada ternak untuk meningkatkan efisiensi pencernaannya.

Di dalam sistem produksi peternakan, pakan ternak menempati komponen biaya yang paling besar. Tidak kurang dari 75% biaya produksi ada pada pemenuhan kebutuhan pakan. Oleh karenanya keuntungan peternak sangat tergantung dari biaya relatif dan biaya nilai nutrisi pada pakan.

Bedford dan Partridge (2001) merinci ada 4 (empat) alasan utama untuk menggunakan enzim dalam industri peternakan,  yaitu:

  1. Enzim dibutuhkan untuk memecah faktor anti-nutrisi yang terdapat di dalam campuran pakan/makanan ternak.  Kebanyakan bahan-bahan dari pakan tidak mudah dicerna oleh enzim endogeneous di dalam usus ternak, sehingga dapat mengganggu pencernaan normal.
  2. Enzim dibutuhkan untuk meningkatkan ketersediaan pati, protein dan garam mineral yang terdapat pada dinding sel bahan baku pakan yang kaya serat. Karena itu senyawa-senyawa penting tersebut tidak mudah dicerna oleh enzim pencernaan sendiri atau senyawanya sangat terikat dalam ikatan kimia, sehingga ternak tidak mampu mencerna (contoh: pospor dalam asam pitat)
  3. Enzim dibutuhkan untuk merombak ikatan kimia khusus dalam bahan baku pakan yang biasanya tidak dapat dirombak oleh enzim ternak itu sendiri.
  4. Enzim dibutuhkan sebagai suplemen enzim, terutama oleh ternak muda yang memiliki sistem pencernaan relatif belum sempurna, sehingga enzim endogeneous kemungkinan belum mencukupi dan bekerja belum optimal.

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on December 5, 2012, in SOLAGRI and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Solagri 3 untuk ayam petelor ,
    Cara mengunakan nya gmna,,,,?

    Mohon jawaban nya, ato email aja !!!
    Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: