SOLAGRI 2 dan 4 : Meningkatkan Produksi Perikanan


SOLAGRI 4 Enzim untuk Budidaya Perikanan dan SOLAGRI 2 untuk pembuatan Pakan

SOLAGRI 4 Enzim untuk Budidaya Perikanan dan SOLAGRI 2 untuk pembuatan Pakan alami yang murah dan berkualitas

Bandeng adalah jenis ikan konsumsi yang tidak asing bagi masyarakat. Ikan Bandeng merupakan hasil tambak yang secara tradisional banyak terdapat  di tepi pantai. Ikan ini termasuk jenis ikan peliharaan yang dapat hidup di air tawar, air asin maupun air payau.

Sampai saat ini sebagian besar budidaya Bandeng masih dikelola dengan teknologi yang relatif sederhana dengan tingkat produktivitas yang rendah. Jika dikelola dengan sistem yang lebih intensif, niscaya produktivitas Bandeng dapat ditingkatkan hingga 3 kali lipatnya.

Cara yang mudah, murah tapi mampu meningkatkan produktivitas Bandeng di tambak peternak adalah dengan teknologi SOLAGRI. Bagaimana caranya? Berikut penulis akan sampaikan metode yang mudah untuk mengaplikasikan SOLAGRI 2 dan SOLAGRI 4 pada tambak Bandeng.

Pembuatan Pakan

Bahan :

1. Pupuk Kandang/ kotoran hewan (kohe) seperti kotoran sapi, kerbau, ayam dan domba sebanyak 600 Kg (60%)

2. Limbah organik seperti Jerami, sayuran, limbah rumah tangga, limbah hasil pertanian termasuk berbagai jenis rumput/ pupuk hijau dipotong-potong sepanjang 5 cm sebanyak 300 kg (30%)

2. Dedak/ sekam sebanyak 100 kg (10%)

3. Kapur untuk menetralkan keasaman (pH) sebanyak 10 Kg (maksimum 3%).

4. Gula pasir, gula merah atau tetes tebu (molase) sebanyak 1 Kg.

5. SOLAGRI 2 Bioaktivator Kompos sebanyak 2 box.

6. SOLAGRI 4 sebagai suplemen enzim bermutu untuk perikanan.

Cara Pembuatan :

1. Suspensikan terlebih dahulu SOLAGRI 2 secara perlahan dan bertahap ke dalam air sebanyak 20 – 30  Lt. Tambahkan gula secara perlahan. Aduk hingga merata.

2. Campurkan semua bahan berupa pupuk kandang/ kohe, limbah organik, sekam/dedak dan kapur secara merata.

3.  Siramkan larutan aktif SOLAGRI 2 secara perlahan ke dalam campuran bahan secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 40%. Bila campuran adonan dikepal dengan tangan, air tidak keluar dari adonan dan bila kepalan dilepas adonan akan terurai.

4. Campuran adonan diperam (fermentasi) di tempat yang kering dengan ketinggian adonan antara 15 s/d 20 cm, kemudian ditutup dengan karung goni/ plastik  selama 3 – 4 hari.

5. Pertahankan suhu bahan adonan 40 – 60 ºC. Jika suhu lebih dari 60ºC, bukalah karung penutup dan gundukan adonan dibolak-balik kemudian ditutup lagi dengan karung goni. Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan bahan fermentasi menjadi rusak karena terjadi proses pembusukan. Pengecekan suhu dilakukan setiap 5 jam.

6. Setelah 4 – 5 hari bahan pakan fermentasi dicampur dengan enzim SOLAGRI 4 untuk meningkatkan kualitas pakan alami. Pakan buatan  ini siap digunakan sebagai pakan alami Ikan Bandeng. Jika ada mesin penghancur/ pellet, bahan hasil fermentasi dapat dibuat menjadi serbuk atau pelet.

Pakan hasil fermentasi ini dapat dicampur dengan pakan pabrik yang biasa digunakan peternak dengan perbandingan 1 : 3 (pakan pabrik : pakan fermentasi). Pemberian pakan dilakukan setiap hari seperti biasanya.

Ikan Bandeng (Chanos chanos/ Milkfish)

Catatan : Cara pembuatan pakan seperti di atas dapat dilakukan langsung pada dasar tambak sebelum pemberian air dan bibit ikan. Setelah bahan organik yang difermentasi di dasar tambak matang (5 hari), lalu masukkan air setengah bagian dari tinggi tambak. Biakan air selama 3 hari sampai munculnya plankton dan ganggang hijau di pemukaan air kolam. Setelah 3 hari, baru tambahkan kembali air ke dalam tambak hingga ketinggian secukupnya. Selanjutnya masukkan benih Ikan Bandeng. Pada tahap pemeliharaan, pakan fermentasi diberikan setiap hari. Dengan menerapkan cara beternak ala SOLAGRI, dipastikan hasil panen Ikan Bandeng akan meningkat secara meyakinkan.

Aplikasi : Tambak Bandeng dan Tambak Lele.

(Kabelan Kunia/ SOLAGRI/01012013).

SELAMAT MENCOBA…!!!!

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on January 1, 2013, in SOLAGRI and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Sudah pernah di pake’ di kolam mana aja???

    • Pa Ade Candra ysh, ujicoba ORGANODegra pada peningkatan produksi perikanan terutama Bandeng dan Lele sudah banyak kami lakukan. Utk Bandeng, kami sudah lakukan ujicoba di tambak di Surabaya.
      Kalau untuk Peternakan Lele tersebar di daerah Bandung dn sekitarnya. Selamat mencoba Pak.

  2. Pak,untuk wilayah wonogiri,di mana saya bisa membeli ORGANOdegra?.dan apakah bisa di aplikasikan pada lele?

    • Ok pak Iwan, ntar sy coba cek ke Koperasi Ekonomi Rakyat Nusantara di Surabaya ya. Sementara bpk bisa dapatkan di Surabaya. Mohon izin, nanti sy kasih e-mail Bpk ke teman2 koperasi di surabaya yg sdh memasarkan Organodegra di sana pak. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.. salam organik…!!!

  3. Pak… belinya Solagry d mn ya??? trus harga brapa? 1 btl isi brapa gram?? PM ya… ke tri.wahyou at gmail dot com

  4. sy pembudidaya bandeng di aceh dimana sy dapatkan solagri 4 sy mau coba juga tlg impormasikan kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: