Budidaya Jahe Merah Organik dengan pupuk NATURA


Selama ini kita mengenal tanaman jahe banyak ditanam di lahan kebun secara langsung. Namun saat ini, guna efisiensi lahan sekaligus peningkatan produktivitas, tanaman jahe bisa dilakukan dalam polibag. Media tanam yang dipakai adalah karung bekas atau polibag.

Jika menggunakan karung, bisa pake karung bekas beras atau pakan ternak. Semakin besar ukuran karung, media pengisi juga semakin banyak, sehingga produktivitas Jahe Merah juga akan semakin tinggi. Jika menggunakan polybag, gunakan bag dengan ukuran minimal 40 x 50 cm.

Media tanam sebagai pengisi karung atau polibag adalah campuran tanah, pasir dan pupuk organik kompos dengan perbandingan 1:1:2. Kompos atau pupuk organik sebaiknya dari hasil fermentasi (pengomposan) kotoran hewan (kohe) dengan dedaunan atau jerami yang dicacak kecil-kecil. Pengomposan menggunakan NATURA Organic Decomposer dengan waktu proses selama seminggu.

Pembibitan Jahe dimulai dari pemilihan benih yang bagus yang didapatkan dari rimpangnya. Rimpang untuk benih yang baik adalah rimpang yang segar (tidak disimpan terlalu lama), sehat, ukurannya besar atau normal, tidak cacat atau terluka, dan berasal dari induk yang sudah cukup tua dan sehat. Karena asal-usul induk harus jelas, maka sebaiknya rimpang untuk benih diambilkan dari kebun petani, bukan dari membeli di pasar. 

Pemupukan

Pemupukan dilakukan 1- 2 bulan sekali seiring pertumbuhan tanaman, dengan menggunakan pupuk hayati NATURA pada media tanam sesuai dosis yang dianjurkan. Pemupukan bisa diberikan 4 – 5 kali selama umur tanaman.

Pemeliharaan yang baik sekaligus pemberian pupuk hayati NATURA secara rutin, menghasilkan tanaman Jahe yang bisa dipanen setelah 8 bulan. Satu rumpun tanaman Jahe dalam setiap polibag/ karung, bisa menghasilkan rimpang Jahe segar hingga 10 kg bahkan bisa lebih.

Pemberian pupuk hayati NATURA secara rutin akan memberikan kontribusi yang nyata terhadap peningkatan produksi dan kualitas tanaman Jahe Merah yang dibudidayakan. Semoga dari hasil budidaya jahe merah dengan mengaplikasikan pupuk hayati NATURA dapat meningkatkan kesejahteraan petani di seluruh Nusantara, semoga (NATURA BioResearch).

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on September 3, 2013, in Organik, SOLAGRI. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: