Aplikasi Mikroba – SRI Panen Meningkat Menjadi 8,9 ton/hektar


Metode Mikroba-SOLAGRI meningkatkan hasil panen di Mapin, NTB

Metode Mikroba-SRI meningkatkan hasil panen di Mapin, NTB

MAPIN, SUMBAWA. Setelah ditunggu-tunggu dengan penuh kekhawatiran dan kecemasan yang luar biasa, akhirnya panen padi metode Mikroba-SRI di lahan sawah milik Pak Rahman di desa Mapin, Sumbawa, NTB berlangsung. Hampir 3 bulan lebih sejak dilakukan penanaman dengan metode yang relatif baru dan asing buat petani di daerah ini, waktu panen telah tiba yang disambut dengan antusias dan sukacita yang teramat dalam oleh petani dan penduduk di sekitarnya.

Hal ini lebih-lebih sangat dirasakan oleh pemuda pelopor yang menggagas upaya penanaman padi mtedo Mikroba-SRI di desa ini, yaitu Bapak Ipul Gondrong. “Akhirnya percontohan penanaman padi di Sumbawa panen juga. Pencapaian hasil panen yang semula dari cara konvensional untuk 1 Ha mendapat 4-5 ton, sekarag dengan penanaman pola Mikroba – SRI mampu mencapai 8,9 ton/hektar untuk tanam pertama. Pencapaian hasil panen tersebut, penanamannya kami lakukan di musim kemarau, dengan kondisi air irigasi sawah relatif tidak ada”. Demikian tulisnya di laman Facebook penuh antusias.

Akhirx percontohan penanaman padi d sumbawa panen juga. Pencapaian hasil panenx yg semula dari cara konvensional untuk 1 Ha mendapat 4-5 ton, skrg dgn penanaman pola Mikroba mampu mencapai 9.4 ton/hektar utk tanam pertama.  Pencapaian hasil panen tersebut, penanamanx kami lakukan di musim kemarau, dgn kondisi air irigasi sawah tidak ada.

Keberhasilan panen padi metode Mikroba-SRI di desa ini, sontak membangunkan semangat masyarakat petani sekitar, bahkan jauh sampai ke Dompu dan di beberapa wilayah di Sumbawa. Minggu lalu, sudah berhasil dilakukan penanaman serentak dengan luasan 20 hektar. Antusiasme masyarakat petani juga merambah sampai ke Mataram. Bahkan pada tanggal 26 November 2013 mendatang, tim dari ITB akan diundang ke Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Perkebunan (BAKORLUH) Kabupaten Lombok Barat untuk menyampaikan materi tentang metode Mikroba-SRI untuk meningkatkan produktifitas tanaman Padi sawah di wilayah NTB.

Semangat pemuda pelopor Ipul Gondrong dan penyuluh mandiri yang sudah dididik dan dilatih menerapkan metode Mikroba-SRI memicu para petani untuk berlomba-lomba menanam padi dengan metode ini di Sumbawa. Harapan besar menjadi tujuan masyarakat yaitu menjadikan Sumbawa sebagai produsen beras organik tahun 2015 mendatang. Semoga cita-cita dan harapan masyarakat Sumbawa dapat terwujud. Kami dari ITB dengan produk pupuk hayati berbasis Mikroba Unggul pasti akan mendukung program ini. (Kabelan Kunia)

 

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on November 22, 2013, in SOLAGRI and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: