Sosialisasi Pola Tanam Padi Metode MIKROBA-SRI di Bakorluh Mataram, NTB


Kabelan Kunia sedang mempresentasikan teknologi Mikroba-SOLAGRI di Mataram

Kabelan Kunia sedang mempresentasikan teknologi Mikroba-SOLAGRI di Mataram

MATARAM. Berdasarkan surat undangan Kepala Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian, Peternakan dan Perikanan (BOKORLUH) Provinsi NTB, kami dari Bandung full tim menghadiri dan mempresentasikan “Penerapan Teknologi Mikroba-SRI untuk Meningkatkan Produktivitas Padi di Mataram NTB”.

Presentasi dan sosialisasi pola tanam padi mikroba di Bakorluh disampaikan oleh Kabelan Kunia dan dihadiri tidak kurang 30 orang penyuluh dan kelompok tani dari seluruh kabupaten kota di NTB. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Bakorluh, Bapak Dr. Mashur berlangsung khidmat dan penuh antusias dari seluruh peserta yang hadir.

Berbagai masalah dan tanggapan diajukan oleh penyuluh dan petani tentang penerapan metode mikroba di lahan pertanian di seluruh NTB. Hasil uji coba penanaman padi dengan metode mikroba ini kebetulan sudah dilakukan di desa Mapin, Sumbawa. Bapak Rahmat selaku petani yang sudah menerapkan metode ini di lahan miliknya sudah merasakan hasil yang luar biasa, yaitu mendapatkan hasil tidak kurang 9,0 ton/hektar GKP. Tim lapangan dari Mikroba ITB diwakilkan Bapak Ir. Sugiarto Wahyu turut menyampaikan pengalaman aplikasi metode Mikroba-SRI di desa Mapin dan Sumbawa yang sudah dilakukan beberapa minggu yang lalu dengan luasan 20 hektar.

Keberhasilan Bapak Rahmat sudah menjadi pembicaraan dan percontohan yang terus bergema di seantero NTB. Banyak kelompok tani dan penyuluh di Mataram yang sudah menyaksikan langsung hasil ujicoba tersebut. Banyak tanggapan positif dari petani yang sudah menyaksikan sendiri keberhasilan Pak Rahamat di lahan sawah miliknya tersebut.  Diharapkan dari hasil sosialisasi hari ini dapat menjadikan lebih banyak lagi petani yang mengikuti pola Bapak Rahmat menanam padi dengan metode Mikroba-SRI di lahan-lahan sawah miliknya. Sesuai harapan masyarakat dan ketua Bakorluh, bahwa peningkatan produktivitas lahan sawah dan panen padi di wilayah ini dapat terwujud dengan penerapan pola tanam metode Mikroba-SRI, semoga. (Kabelan Kunia/Mataram 261113).

Peserta Pertemuan; Aplikasi Metode Mikroba SOLAGRI di Mataram, NTB

Peserta Pertemuan; Aplikasi Metode Mikroba – SRI di Mataram, NTB

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on November 26, 2013, in SOLAGRI and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: