Revolusi Teknologi Produksi Produk Pupuk Hayati


Sebuah hasil inovasi yang dikembangkan dari sebuah hasil riset di laboratorium, dituntut untuk makin berkembang dan bergerak lebih baik dan menuju kreasi yang lebih maju pula. Berawal dari coba-coba, iseng dan terus-menerus diaplikasikan di lapangan, maka formulasi pasti akan menemukan titik masalah, kelemahan dan kekurangan yang barang tentu harus diperbaiki dan dikoreksi dengan pendekatan ilmiah untuk perbaikan yang lebih maju lagi.

Demikian pula dengan produk yang kami kembangkan ini. Mulanya, dari hasil riset sederhana Bapak Kabelan Kunia selama beberapa tahun, kemudian dikembangkan menjadi produk pupuk organik cair (POC) NUTRI. Produk ini berupa pupuk organik yang diekstrak dari beberapa bahan organik bermutu untuk mendapatkan kandungan hara makro dan mikro mineralnya yang digabungkan dengan mikroba probiotik unggul untuk meningkatkan kesuburan tanah. Aplikasi di beberapa wilayah uji coba, menunjukan hasil yang sangat bagus guna meningkatkan produktivitas tanaman pangan khsusnya padi dan tanaman hortikultura.

EvaGROW Kotak2Keberhasilan pupuk NUTRI ini dibaca sebagai peluang oleh beberapa pebisnis yang bergerak di bidang Network Marketing sebuah produk kesehatan dari China. Setelah bertemu dan bersepakat, maka didirikanlah pabrik dan usaha di bidang produksi pupuk hayati powder dengan merek Tiens EvaGROW dan Tiens ORGANODEGRA di bawah bendera PT. Prosper Biotech Indonesia (PT. PBI). Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2008 – 2011. Pabrik yang cukup luas di daerah Cimareme, Padalarang sempat beberapa kali didatangi petinggi perusahaan mitra dari China dan para distributor Tiens Indonesia. Akhirnyanya produk ini cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Pupuk Hayati EvaGROW bersama KERaN

Setelah berakhirnya kerjasama dengan perusahaan Network Marketing ini, kami akhirnya bekerjasam dengan sebuah koperasi multi usaha, Koperasi Ekonomi Rakyat Nusantara (KERAN). Sebagai mitra koperasi, kami mengembangkan produk unggulan berupa pupuk hayati EvaGROW dan dekomposer kompos ORGANODEGRA. Produk ini adalah kelanjutan dari produk sebelumnya dengan perusahaan dan merek produk yang masih dipertahankan seperti sebelumnya. Produk inipun makin berkembang luas pemasarannya dan makin dikenal juga oleh masyarakat Indonesia.

SOLAGRI 4Dunia bisnis sangat kompleks dan kompetitif sekali, maka akhirnya kami mencoba mengembangkan usaha mandiri. Kali ini produk yang dikembangkan tidak hanya pupuk dan dekomposer kompos saja, tapi inovasi terbaru kami menghasilkan produk enzim untuk ternak dan perikanan. Sebagai produk inovasi terbaru dan pertama di Indonesia, enzim SOLAGRI 3 dan SOLAGRI 4 sangat diterima oleh pasar. Meskipun kendala di lapangan sangat beragam, mengingat ini adalah produk baru dan masih asing di telinga peternak. Enzim adalah istilah baru dalam dunia peternakan dan perikanan di Indonesia. Meskipun perusahaan yang kami bangun bernama CV. Bangkit Solusi Agrindo juga mengembangkan pupuk hayati SOLAGRI 1 dan dekomposer kompos SOLAGRI 2 juga, tapi rupanya produk enzim sangat populer dan semakin luas cakupan pemasarannya.

botol natura enzim33Bisnis adalah bisnis. Dalam dunia bisnis, kompleksitasnya menuntut kita harus makin berinovasi, kompetitif dan menjaga ‘trust’. Kepercayaan dan kekuatan inovasi menuntut kami harus mengembangkan lagi produk ini supaya makin diterima masyarakat. Akhirnya pada tahun 2013 didirikanlah perusahaan NATURA BioResearch yang kekuatannya ada pada riset secara terus-menerus. Perusahaan pribadi ini akhirnya menelurkan 8 produk unggulan dengan merek tunggal, NATURA. Delapan produk yang dikembangkan adalah NATURA pupuk hayati unggul, NATURA organic decomposer, NATURA Enzim ternak, NATURA Akuakultur, NATURA Riza, NATURA Tricho, NATURA Beva, dan NATURA Meta.

Harapan ke depan semoga produk terakhir, NATURA makin berkembang dan bisa diterima masyarakat pembudidaya. Peningkatan hasil produksi budidaya pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan adalah tujuan utama, sehingga tingkat hidup dan kesejahteraan pembudidaya makin meningkat, semoga (NATURA/17 Agustus 2014).

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on January 13, 2014, in Natura, Organik and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. DIAMANA SAYA BISA MENSAPATKAN PUPUK UNTUK TAHAP AWA MENANAN POHON ALBASIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: