NATURA di Tanaman Sawit – Pangkalan Bun


Karyawan memuat Buah Kelapa Sawit ke dalam Truk

Karyawan memuat Buah Kelapa Sawit ke dalam Truk

Sejak tanggal 23 – 26 Agustus 2014, tim NATURA berada di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah memenuhi undangan seorang teman. Beliau saat ini mendapat mandat sebagai manager di sebuah kebun kelapa sawit yang cukup luas dan makin berkembang di desa Runtu, Pangkalan Bun.

Begitu mendarat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, kami langsung disambut hangat oleh Bapak Jerry, Manager kebun kelapa sawit yang kami kenal melalui Bapak Dudi. Setelah berkenalan, kami langsung diajak menaiki Kijang Kapsul yang disupiri oleh beliau langsung. Menurut beliau, lokasi kebun akan ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari Kota Pangkalan Bun. Menjelang maghrib, kami masih dalam perjalanan menuju kebun. Tiba di kota kecamatan Runtu, persis di depan Polsek Runtu, kami mampir di sebuah warung nasi sederhana. Kami diajak untuk santap malam sebelum melanjutkan perjalanan yang tersisa kira-kira 30 menit lagi ke arah Pontianak. Meski sesaat diwarnai mati lampu PLN, yang menurut keterangan pak Jerry sangat lazim dialami di wilayah tersebut, entah karena sudah lapar atau karena ayam goreng dengan sambalnya yang enak atau karena nasi yang dihidangkan sangat pulen, nampaknya kami semua menyantapnya dengan sangat lahap dan rakus sekali.

Dalam kegelapan malam, kami melanjutkan perjalanan menembus belantara hutan sawit di kiri kanan jalan. Jalan cukup mulus, beraspal dan lebar sekali. Lebih kurang 30 menit berlalu, kami tiba di kebun kelapa sawit yang dituju. Diterangi lampu listrik dari pembangkit sederhana yang mengandalkan solar cell dengan memanfaatkan sinar matahari, kami berlabuh di mess tempat kediaman pak jerry dan beberapa stafnya di tengah-tengah kebun kelapa sawit.

Entah karena kelelahan karena perjalanan yang panjang, menjelang jam 11 malam kami tidur dengan pulas hingga subuh menjelang. Pagi nan cerah di tengah kebun, kami disuguhi segelas teh manis dan mie goreng berikut nasi panas. Menjelang siang, kami diajak pak Jerry mengelilingi kebun yang cukup luas. Mulai dari area pembibitan kelapa sawit, area kebun di atas rawa gambut, kantor cabang di tengah kebun sampai di area kebun produksi yang telah berumur 7 tahunan. Sore hari di hari Minggu ini kami juga mengikuti karyawan harian menaiki buah-buah sawit ke atas truk untuk diangkut ke pabrik pengolahan minyak sawit milik perusahaan Astra yang berlokasi tidak jauh dari areal kebun.

Hari yang melelahkan tapi sangat mengasikkan di tengah kebun kelapa sawit. Udara hutan yang sangat segar meski sesekali dikotori dengan debu-debu dari jalanan yang hanya dilapisi tanah liat merah di area kebun. Komunikasi ke luar pun sangat terbatas sekali. Sinyal Indosat cukup bagus di sini. Namun karena kami sebagian besar menggunakan Telkomsel, alhasil sinyal kembang kempis. Menjauh sedikit dari area mess, baru kami mendapat segaris atau dua garis sinyal. Meski demikian, kami sesekali masih bisa berkomunikasi dengan keluarga atau relasi di Bandung.

Pekebun sedang menyemprotkan pupuk NATURA ke pembibitan

Pekebun sedang menyemprotkan pupuk NATURA ke pembibitan

Presentasi produk NATURA di depan mandor dan karyawan perkebunan, dapat dilakukan di malam selasa seusai makan malam. Sharing dengan para mandor dan karyawan kebun sangat menarik. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk perbaikan produksi dan peningkatan kualitas tanaman kelapa sawit di kebun. Harapannya semoga kehadiran NATURA mampu memberikan hasil yang lebih baik untuk kebun dan staf/ krayawan kebun secara umum, semoga aamiin….(NATURA/ Pangkalan Bun (23-26/08/2014).

About Kabelan Kunia

NATURA go Organic... Halal, sehat dan ramah lingkungan

Posted on August 25, 2014, in Natura, Organik, Testimoni and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: